ADILMAKMUR.CO.ID – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada April 2023 menyebut atribut luar ruang yang paling banyak ditemukan adalah atribut sosialisasi Prabowo Subianto 63 persen.
Ada empat bakal capres yang atributnya diamati, yaitu Anies, Airlangga Hartarto, Ganjar, dan Prabowo Subianto.
Pewawancara juga diminta mengamati apakah di rumah responden terdapat atribut sosialisasi bakal calon presiden.
Atribut luar ruang yang paling banyak ditemukan adalah atribut sosialisasi Prabowo Subianto 63 persen.
Baca Juga:
Kader Muda PPP Dorong Elite Partai Kembali ke Prinsip Paling Dasar, Kebersamaan dan Musyawara
Atribut terbanyak kedua Anies 62 persen, selanjutnya Ganjar 58 persen, dan Airlangga 22 persen.
Pendiri SMRC Saiful Mujani menyatakan bahwa keterkenalan dan dukungan pada calon bukan berdasar pada ingatan atau memori lama, tapi karena memang sudah dilakukan sosialisasi.
“Prabowo Subianto bukan dikenal hanya karena dia pernah kampanye dalam tiga kali pemilu, tapi (sekarang) sudah ada kampanye yang dilakukan,” ucap Saiful Mujani.
Pada masyarakat lapisan bawah, lanjut Saiful, medium sosialisasinya adalah atribut luar ruang karena mereka tidak banyak mengakses media.
Baca Juga:
3 Orang Warga Rejang Lebong Dilaporkan Hlang di dalam Kawasan Hutan Kerinci Seblat
Menkeu Sri Mulyani Ungkap Respons Presiden Prabowo Usai Terima Laporan Perjalanan Dinasnya ke AS
Inilah Reaksi yang Dilakukan Jepang Setelah Tahu Indonesia Mampu 3 Kali Tanam Padi dalam Setahun
Mereka tahu bahwa tokoh-tokoh itu akan maju sebagai calon presiden melalui atribut luar ruang yang telah terpasang.
Saiful Mujani juga menyinggung tentang elektabilitas Airlangga yang belum kompetitif sejauh ini.
Saiful Mujani melihat ini ada hubungannya dengan kerja sosialisasi timnya yang belum terlihat di masyarakat
Itu terbukti dari atribut luar ruang Airlangga yang relatif sedikit dibanding Prabowo, Anies, dan Ganjar.
Baca Juga:
Beginilah 5 Jalan yang Dilakukan Press Release untuk Lakukan Perbaikan Citra dan Pulihkan Nama Baik
KPK Sita 26 Kendaraaan dalam Kasus Korupsi pada Bank BJB, Termasuk 2 Kendaraan Ridwan Kamil
Saiful Mujani mengatakan masifnya sosialisasi Prabowo dan Anies menjelaskan mengapa terjadi pertarungan suara antara Prabowo dan Anies pada masyarakat lapisan bawah.
Mereka sejauh ini paling menonjol melakukan sosialisasi pada masyarakat lapisan bawah yang memang paling mungkin dijangkau melalui atribut sosialisasi.
“Keunggulan Prabowo di perdesaan adalah keunggulan atribut,” tambah Saiful Mujani.
Selanjutnya, dalam pengamatan langsung pewawancara di rumah responden, ada 5 persen atribut Anies di dalam rumah warga, Prabowo 4 persen, Airlangga 3 persen, dan Ganjar 2 persen.
Saiful menegaskan bahwa angka 5 dan 4 persen dari rumah warga secara nasional sudah terpasang atribut Anies dan Prabowo adalah jumlah yang banyak. Sementara Ganjar masih sangat sedikit.
Pertarungan pada masyarakat level bawah, sambung dia, memang kebanyakan dilakukan melalui pemasangan atribut luar maupun dalam ruang.
Sementara akan susah memasang atribut pada rumah-rumah kelompok masyarakat atas.
“Tim Anies dan Prabowo kurang lebih sama sudah masuk melakukan sosialisasi ke situ (rumah-rumah warga) relatif lebih baik dibanding Ganjar Pranowo.”
“Dan Kemungkinan memori publik pada Prabowo lebih kuat dibanding Anies sehingga untuk sementara ini Prabowo cenderung lebih unggul dibanding Anies pada masyarakat lapisan bawah,” tutupnya.***