ADIL MAKMUR – Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menegaskan akan mencari Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) terbaik, untuk membangun pertahanan yang kuat.

Demikian dikatakan Wamenhan saat menghadiri Upacara Misi Pegase Tahun 2022 dan VVIP Joyflight of A400M and A330 MRTT, di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin 12 September 2022.

“Kemhan dan TNI AU akan melihat beberapa pesawat yang sebentar lagi akan menjadi milik kita, diantaranya Pesawat A400M dan Rafale.”

“Ini merupakan sebuah terobosan, mengingat situasi yang berkembang saat ini, kita harus memiliki Angkatan Bersenjata yang kuat.”

“Inilah mengapa Menhan selalu mencari solusi bagaimana memperkuat pertahanan kita. Intinya, kita akan mencari alutsista yang terbaik untuk memperkuat pertahanan”, ungkap Wamenhan M. Herindra.

Wamenhan juga menjelaskan, bahwa hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Prancis terus berkembang.

Hal ini terlihat dengan adanya berbagai kerja sama yang disepakati kedua negara, diantaranya Joint Declaration on Strategic Partnerships pada tahun 2011, Defence Cooperation Agreement (DCA) yang ditandatangani 28 Juni 2021, serta Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama industri pertahanan pada 10 Februari 2022 lalu.

Kemudian program promosi kerja sama pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, Indonesia-French Defence Dialogue (IFDD) yang dilaksanakan setiap tahunnya sebagai wujud dari forum komunikasi antarkedua negara, dimana tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah pada IFDD ke-9.

Turut menghadiri Upacara Misi Pegase Tahun 2022 dan VVIP Joyflight of A400M and A330 MRTT ini, Ketua Delegasi Pegase 2022 Major General Stephane Groen, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E. Mr. Olivier Chambard, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Staf dan Delegasi Detasemen Militer Angkatan Udara Prancis, sejumlah Pejabat Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan Udara.***