ADIL MAKMUR – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra mengikuti ASEAN-Republic of Korea Defense Vice Ministerial Meeting (DVMM) yang diadakan di Seoul, Korea Selatan pada tanggal 6 dan 7 September 2022.

Pertemuan antara Wakil Menteri Pertahanan negara-negara ASEAN dengan Wakil Menteri Pertahanan Republik Korea ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pertahanan Nasional Republik Korea Y.M. Shin Beom Chul, Selasa 6 September 2022.

Pertemuan yang dilaksanakan setiap tahun kali ini mengambil topik “Langkah-langkah untuk Pengembangan Kerja Sama Pertahanan ASEAN dan Republik Korea untuk Perdamaian dan Kemakmuran Kawasan” (Measures for the Development of RoK ASEAN Defense Cooperation for the Peace and Prosperity of the Region).

Dibicarakan pula mengenai pertukaran pandangan terkait situasi keamanan di kawasan dan rencana Implementasi kerja sama pertahanan RoK dan ASEAN serta capaian-capaian dari kerja sama yang telah terjalin.

Kegiatan akan berlangsung hingga 8 September 2022 dalam kerangka Seoul Defense Dialogue (SDD).

Republik Korea (RoK) merupakan salah satu mitra wicara ASEAN atau negara yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

Pertemuan Wakil Menteri Pertahanan negara-negara ASEAN dengan Wakil Menteri Pertahanan Nasional Republik Korea ini berlangsung setiap tahun sejak tahun 2017.***