Menu

Mode Gelap
Pencuri Babak Belur Dihakimi Massa Setelah Kepergok Mencuri Ponsel di Kota Tangerang Kans Prabowo untuk Jadi Presiden 2024 Sangat Kuat, Subagyo HS: Kali Ini Harus Jadi dan Menang Prabowo Silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubowono X, Tidak Ada Pembicaraan Politik Prabowo Subianto Bertemu Habib Lutfi bin Yahya Selama 2 Jam, Ternyata Ini yang Dibahas Prabowo Subianto Didoakan Jadi Pemimpin Indonesia Saat Kunjungi Ponpes Attauhidiyah Tegal

LIFESTYLE · 16 Jan 2021 04:27 WIB ·

Mengenal Jenis Vaksin Flu untuk Orang Dewasa


 Doctor, patient and injection needle. Physician or nurse giving vaccine, flu or influenza shot in office room in hospital.  Immunity, health care or HPV concept. Medical professional working. Perbesar

Doctor, patient and injection needle. Physician or nurse giving vaccine, flu or influenza shot in office room in hospital. Immunity, health care or HPV concept. Medical professional working.

ADIL MAKMUR – Flu merupakan penyakit yang seringkali diderita sebagian besar masyarakat. Meskipun masuk dalam kategori penyakit ringan nama penyakit flu atau influenza merupakan penyakit yang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan masalah besar untuk sebagian orang karena aktivitasnya yang terganggu akibat penyakit influenza tersebut. Pada penderita penyakit flu atau influenza biasa akan mengalami gangguan pernapasan seperti pilek dan hidung tersumbat yang cukup mengganggu.

Gejala-gejala lain yang ditimbulkan pada orang yang terjangkit virus influenza yaitu mengalami batuk kering, demam, lemas, nyeri otot, dan sakit kepala. Untuk itu pemberian vaksin influenza juga sangat penting dilakukan kepada orang dewasa, meskipun biasanya vaksin jenis ini digunakan untuk imunisasi pada anak-anak.

Seperti yang dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention CDC), pemberian vaksin influenza bertujuan untuk mencegah tubuh terserang virus influenza yang biasanya sangat mudah menular. Penularan virus influenza dapat melalui percikan air liur atau melakukan kontak fisik dan barang penderita penyakit tersebut yang terkontaminasi virus influenza.

Tentang Vaksin Influenza Jenis dan Efek Samping yang Ditimbulkan

Healthcare concept with a hand in blue medical gloves holding Flu, Influenza, vaccine vial.

Pemberian vaksin influenza memang tidak sepenuhnya dapat melindungi tubuh dari ancaman virus influenza. Namun dengan melakukan pemberian vaksin influenza dapat mencegah dan melindungi tubuh terhadap infeksi virus influenza. Pada umumnya vaksin flu diberikan setiap tahun untuk mencegah tiga hingga empat jenis penyakit flu.

Baca Juga:  Beginilah Sejarah Penggunaan Masker di Dunia, Sudah Tahu?

Vaksinasi tersebut dapat dilakukan untuk anak-anak, orang dewasa, hingga manula. Pemberian vaksin flu rutin setiap tahun bertujuan untuk menghindari komplikasi lain yang dapat berdampak buruk akibat penyakit flu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis-jenis vaksin flu, berikut ini dua jenis vaksin influenza:

  1. Vaksin Influenza Trivalen, merupakan vaksin flu yang dibuat untuk melindungi tubuh dari serangan tiga jenis virus flu yang berbeda-beda.
  2. Vaksin Influenza Quadrivalent, vaksin jenis ini digunakan untuk melindungi tubuh dari empat jenis virus yang berbeda pula.

Awalnya semua vaksin flu hanya dapat melindungi tubuh dari tiga jenis virus influenza yaitu dua virus influenza tipe A dan satu virus influenza tipe B. Namun, pada vaksin influenza trivalen hanya mampu mencegah satu jenis virus influenza tipe B, karena sebab itu para peneliti membuat vaksin quadrivalent yang dapat melindungi tubuh dari empat jenis virus influenza sekaligus.

  1. Orang yang disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza ini biasanya orang yang termasuk dalam kategori berikut:
  2. Orang yang berusia di atas 50 tahun karena memiliki kekebalan tubuh yang cukup lemah dibanding dengan orang berusia muda.
  3. Orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti penyakit paru-paru kronis (asma), ginjal, hati, kelainan metabolisme (diabetes mellitus), kardiovaskular, neurologis, dan hematologis.
  4. Orang yang mengalami imunosupresif yang disebabkan oleh pengobatan atau memiliki riwayat terjangkit HIV.
  5. Perempuan hamil dan perempuan pasca persalinan disarankan melakukan vaksinasi virus influenza.
  6. Orang yang mengalami obesitas ekstrim yaitu memiliki indeks massa tubuh lebih dari 40.
  7. Petugas medis yang mudah terpapar virus influenza.
Baca Juga:  Waspada Demam Berdarah di Masa Pandemi, Lakukan Ini untuk Pencegahan

Setelah membahas siapa saja orang-orang yang disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza. Selanjutnya mari membahas tentang efek samping yang ditimbulkan pasca pemberian vaksin flu tersebut. Berikut ini efek samping yang dapat dialami:

  1. Terasa nyeri, terjadi pembengkakan, dan warna kemerahan di sekitar bekas suntikan.
  2. Mengalami demam, mual, kesulitan bernapas, dan suara menjadi serak.
  3. Terjadi pembengkakan di sekitar mata atau bibir.
  4. Badan terasa lelah, pusing dan wajah terlihat pucat.
  5. Jantung terasa berdebar-debar.
  6. Sakit tenggorokan dan hidung meler atau pilek.
Baca Juga:  Dokter Reisa Ajak Masyarakat Jaga Porsi Gizi Makanan Hadapi Pandemi COVID-19

Jika Anda mengalami salah satu dari beberapa efek samping tersebut setelah melakukan vaksinasi influenza segera melakukan konsultasi dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat agar efek samping yang timbul tidak menjadi semakin parah. Untuk menghindari dari paparan virus influenza Anda dapat mengurangi kontak dengan penderita flu, makan makanan sehat, dan gunakan masker untuk menghindari virus influenza tersebut.

Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan yang akurat dan terpercaya. Halodoc akan memberikan Anda informasi-informasi seputar dunia kesehatan yang terpercaya dan terlengkap. Tidak hanya itu, Halodoc juga dapat mempertemukan Anda dengan para dokter ahli untuk melakukan konsultasi seputar kondisi kesehatan Anda dengan lebih mudah dan praktis.

Pada aplikasi Halodoc juga terdapat fitur yang membantu Anda menemukan lokasi vaksin terdekat dengan rumah Anda. Misalnya bagi Anda yang tinggal di Kota Medan dan ingin melakukan vaksinasi influenza, maka Anda bisa mencari kata kunci “vaksin Medan” di Halodoc. Setelah itu akan muncul berbagai informasi lokasi, jenis vaksin, dan harga vaksin yang Anda butuhkan.***

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

8 Cara Sehat dan Enak Makan Mie Instan

30 April 2022 - 12:54 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani akan Perjuangkan agar Punya Hari Kebaya Nasional

29 Desember 2021 - 07:23 WIB

Puan pada Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional: Kita Harus Tetap Tangguh

28 Desember 2021 - 01:40 WIB

Diskon Hingga 90% PLUS Voucher, Belanjaan Kamu Jadi Lebih Murah Lagi di Shopee Murah Lebay!

22 Maret 2021 - 06:12 WIB

Sudah Tahu Istilah Pembatasan Sosial Berskala Mkro atau PSBK?

16 September 2020 - 06:25 WIB

Pentingnya Melakukan Imunisasi Sebagai Langkah Awal Melawan COVID-19

1 September 2020 - 03:09 WIB

Trending di LIFESTYLE