Connect with us

KORPORASI

Ini 10 Rute Kapal PELNI dengan Jumlah Penumpang Terbanyak

Published

on

PT Pelayaran Nasional Indonesia mencatat telah mengangkut sebesar 22.261 penumpang yang bepergian. (Foto : Instagram @pelni162)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia PELNI (Persero) terus memaksimalkan operasional kapal penumpang dan kapal perintis, terutama pada periode Hari Raya Iduladha 1441 H tahun ini.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI (Persero), O.M. Sodikin menyampaikan sejak H-15 jelang Hari Raya Iduladha 1441 H/2020 atau mulai 16 Juli hingga 31 Juli, Perseroan mencatat telah mengangkut sebesar 22.261 penumpang yang bepergian dengan kapal penumpang menuju beberapa wilayah yang dilayani.

“Jumlah penumpang tertinggi tercatat pada H-8 (23/7/2020), yakni sebanyak 2.231 penumpang. Kami prediksikan masih akan bertambah pasca Iduladha nantinya,” terangnya, Minggu (2/8/2020).

Sodikin menambahkan, setidaknya terdapat 10 rute dengan jumlah penumpang terbanyak pada periode Iduladha tahun ini, yakni Batam – Belawan sebesar 719 pelanggan, Tarakan – Pare-Pare (533), Balikpapan – Larantuka (457), Tual – Ambon (405), Ambon – Bau-Bau (361), Kumai – Semarang (334), Surabaya – Waingapu (333), Belawan – Batam (302), Balikpapan – Bau-Bau (287), serta Sampit – Semarang (286).

Pada periode yang sama, Perusahaan juga mencatat telah mengangkut sebanyak 9.998 penumpang yang berpergian dengan kapal perintis. “Pengguna kapal perintis tertinggi pada H-4 jelang Iduladha, yakni sebanyak 1.082 penumpang,” ungkapnya.

Adapun 10 rute kapal perintis dengan jumlah penumpang terbanyak adalah Amahai – Nila dengan jumlah 386 penumpang, Kupang – Mananga (332), Jayapura – Serui (313), Mananga – Kupang (204), Bobong – Kendari (232), Kalianget – Sapeken (206), Tua Pejat – Teluk Bayur (179), Kalianget – Kangean (171), Sintete – Tanjung Pinang (170), Saumlaki – Ambon (163).

Sementara itu, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan, terjadi peningkatan penumpang pada Juli 2020. “Dibandingkan dengan Juni 2020 jumlah penumpang di kapal penumpang mengalami kenaikan hingga 435 persen, yakni dari 8.419 penumpang di Juni menjadi 45.043 penumpang di Juli,” terangnya.

Adapun peningkatan penumpang tersebut juga didukung dengan bertambahnya jumlah armada yang beroperasi. Dari 26 kapal penumpang yang dimiliki, sepanjang Juli 2020 PELNI mengoperasikan 13 kapal penumpang. Sementara pada Juni, Perusahaan hanya mengoperasikan 6 kapal.

Yahya menambahkan, kenaikan penumpang pada periode yang sama juga terjadi pada kapal perintis. “Untuk kapal perintis, juga terjadi peningkatan penumpang sebesar 63,7 persen. Dari 10.129 penumpang pada Juni 2020 menjadi 16.583 penumpang di Juli 2020,” ungkap Yahya.

Dalam pelaksanaan kegiatan operasionalnya, PELNI juga terus mematuhi dan melaksanakan seluruh protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 diatas kapal.

“Menciptakan pelayaran yang aman dan selamat merupakan komitmen kami. PELNI tetap membatasi jumlah penumpang diatas kapal, yakni sebesar 50 persen dari kapasitas. Para kru telah dilengkapi dengan APD yang wajib dipergunakan selama bertugas dan yang paling penting adalah para penumpang wajib menyertakan surat hasil rapid/swab test ketika akan berpergian dengan kapal PELNI. Kami terus meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan selama menjalankan kegiatan operasional,” tutup Yahya. (inf)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KORPORASI

Mulai 14 Januari, Bio Farma Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Setahun

Published

on

Vasin Sinovac. /Instagram.com/@sinovaccoronavac.

ADIL MAKMUR – Pengiriman pertama 15 juta bulk atau bahan baku vaksin Sinovac sudah tiba di Tanah Air pada Selasa 12 Januari 2021 siang. 

Vaksin tersebut selanjutnya dibawa ke Bandung untuk diproduksi oleh Bio Farma mulai 14 Januari 2021 mendatang.

“Bahan baku akan dikirim ke Bandung dan di proses produksi Bio Farma. Proses produksi akan dimulai pada Kamis, 14 Januari 2021 dan akan mulai didistribusikan pada Februari,” ungkap Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 12 Januari 2021.

Honesti menargetkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 dalam setahun sebanyak 250 juta dosis. Menurut dia, Bio Farma sudah mengamankan bahan baku total 140 juta dosis, 

dengan tambahan 120 juta dosis seandainya nanti masih ada kebutuhan suplai.

“Opsi tambahan ini sebanyak 120 juta sudah diamankan, mengingat kebutuhan vaksinasi yang besar untuk mencapai tujuan herd immunity,” jelasnya.

Dari keseluruhan bahan baku sebanyak 140 juta dosis, akan ada tambahan 10 persen dari Sinovac. 

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

HOKI Rencanakan Stock Split untuk Meningkatkan Likuiditas Saham

Published

on

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (PT BPS) adalah perusahaan produksi dan distribusi beras. /Dok. PT Buyung Poetra Sembada.

ADIL MAKMUR – PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, berencana melakukan perubahan/pemecahan nilai nominal per saham Perseroan (stock split) dengan rasio 1:4.

Perubahan nilai saham ini sedang dalam pemantauan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan akan dimintakan persetujuan dari para pemegang saham pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada tanggal 27 Januari 2021 mendatang.

“Rencana pemecahan nilai nominal saham HOKI dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan likuiditas saham Perseroan, serta meningkatkan daya beli investor terhadap saham HOKI.”

“Diharapkan perubahan ini dapat meningkatkan akses bagi para investor ritel dengan harga saham yang lebih terjangkau dan likuiditas saham meningkat setelah eksekusi stock split.” Ujar Budiman Susilo, Direktur HOKI.

Emiten yang sedang dalam rencana diversifikasi produk consumer goods melalui anak usaha barunya, PT Hoki Distribusi Niaga, optimis melalui stock split akan dapat meningkatkan jumlah pemegang saham Perseroan.

Sebagai informasi, selain membahas dan memutuskan terkait stock split, pada RUPSLB juga akan membahas agenda pengangkatan kembali Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk periode lima tahun.

Pada RUPSLB ini, HOKI juga akan membahas dan memutuskan perubahan Anggaran Dasar lainnya.

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

Garuda Indonesia Mulai Layani Penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong

Published

on

PT Garuda Indonesia Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. /Instagram.com/@garuda.indonesia.

ADIL MAKMUR – Maskapai Nasional Garuda Indonesia, mulai tanggal 8 Desember 2020, resmi melayani rute penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Minggu dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

“Peluncuran rute penerbangan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Perusahaan dalam memberikan kemudahan dan ragam pilihan aksesibilitas masyarakat ke berbagai destinasi pariwisata nasional maupun kawasan ekonomi baru  ke wilayah Timur Indonesia, khususnya Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya maupun Sorong sebagai pintu masuk salah satu destinasi wisata unggulan di Papua Barat.” Ujar  Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

“Pengoperasian rute baru ini juga diharapkan mampu semakin memperluas jaringan konektivitas antar wilayah Papua sehingga dapat mendukung pergerakan perekonomian daerahyang  kedepannya diharapkan dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional”, papar Irfan. 

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan  mengungkapkan rasa terima  kasih  dan  antusiasmenya terhadap Garuda Indonesia yang telah membuka layanan  penerbangan  menuju Manokwari dari Makassar dan Sorong. 

Hal  ini  sejalan  dengan salah  satu  visi  dari  Provinsi Papua Barat  yang  ingin  mengembangkan  potensi pariwisata untuk menarik  wisatawan loKal  maupun  mancanegara. 

Dibukanya  rute ini juga memudahkan  aksesbilitas  penerbangan intra papua. 

“Upaya pengembangan jaringan penerbangan senantiasa akan kami selaraskan dengan implementasi protokol kesehatan yang kami laksanakan secara konsisten pada seluruh touch point layanan penerbangan.”

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending