Connect with us

KORPORASI

DPR Dorong Kontribusi PT Phapros Tingkatkan Produksi Obat Nasional

Published

on

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima. (Foto : dpr.go.id)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima mendorong PT Phapros berkontribusi dalam peningkatan produksi obat-obatan, vitamin dan suplemen nasional dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia menekankan pentingnya kedaulatan kesehatan negara yang masih tertinggal cukup jauh dengan negara maju.

Hal tersebut diungkapkannya ketika memimpin kunjungan kerja Komisi VI DPR RI ke PT Phapros di Semarang Jawa Tengah, Rabu (22/7/2020), sebagai tindak lanjut dari rapat-rapat kerja Komisi VI DPR RI yang lebih mencermati peran dari BUMN Farmasi dalam kaitannya memberikan kontribusi penanganan pandemi Covid-19. Kunjungan ini turut dihadiri Komisaris Utama PT Kimia Farma Untung Suseno Sutarjo, Dirut PT Kimia Farma Verdi Budidarmo, Dirut PT. Phapros, Hadi Kardoko.

Aria Bima mengatakan, Komisi VI DPR RI sepakat dengan Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa salah satu roadmap daripada Kementerian BUMN empat tahun kedepan ini adalah bagaimana kemandirian kesehatan, baik menyangkut masalah obat-obatan, vitamin dan alat kesehatan bisa berdaulat.

“Pandemi Covid-19 menggugah kita untuk bagaimana BUMN menjadi leader (pemimpin) dalam pemenuhan bahan baku farmasi. Komisi VI mendukung kerja sama PT Phapros dengan pengusaha lokal dalam memenuhi kebutuhan bahan baku. Semangat BUMN Farmasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 khususnya Phapros di bawah holding Kimia Farma untuk memajukan industri farmasi nasional. Kita akan mempunyai perusahaan farmasi nasional yang bisa dibanggakan untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional bahkan ekspor,” paparnya.

Dengan holding farmasi, diharapkan antara riset dan development bisa berjalan beriringan antara Phapros, Kimia Farma, Indo Farma, Bio Farma bisa menjadi lembaga riset yang dibiayai bersama-sama. Pemerintah harus mensinergikan antara Kementerian Kesehatan, BUMN, Perguruan Tinggi dalam proyek-proyek riset untuk mendukung pengembangan holding farmasi kita. Jadi bukan soal bahan bakunya yang sulit tapi risetnya yang mahal untuk menemukan jenis bahan baku obat yang dibutuhkan oleh industri farmasi nasional.

Ia menambahkan, riset dan development untuk menemukan berbagai macam jenis bahan baku obat-obatan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan lokal (hutan) maupun laut membutuhkan dukungan anggaran yang cukup besar. “Kita memiliki sumber daya alam yang sangat besar tapi belum dimanfaatkan secara maksimal karena ketergantungan kita dengan bahan baku obat impor yang dahulu kita hitung lebih murah ketimbang harus memproduksi sendiri,” ucap Aria Bima.

Politisi dapil Jawa Tengah V ini mendorong industri farmasi nasional untuk lebih banyak memanfaatkan bahan baku lokal meskipun harganya mungkin lebih mahal dan tidak kompetitif dibandingkan bahan baku impor. Tetapi dengan keberpihakan kepada sumber daya alam nasional diharapkan jangka panjang akan menjadikan industri farmasi nasional lebih mandiri bahkan bisa ekspor.

Sementara itu, Dirut PT Phapros Hadi Kardoko menjelaskan di masa Pandemi Covid-19, PT Phapros sudah memproduksi dan mendistribusikan vitamin A, C, E, handsanitizer, disinfektan, masker, serta edukasi kesehatan bagi masyarakat menengah ke bawah. “Sebagai bentuk keperdulian jajaran direksi, dana THR (Tunjangan Hari Raya) komisaris dan direksi PT. Phapros pada lebaran lalu disalurkan untuk bantuan sosial. Sedangkan community development mencapai Rp 1,9 miliar untuk bantuan sosial selama masa pandemi,” papar Hadi.

Ia juga menjelaskan, impor bahan baku industri farmasi nasional saat ini mencapai sekitar Rp 20-25 triliun pertahun. Pemenuhan bahan baku industri farmasi yang sintesis inilah yang masih diperlukan impor. Sementara bahan baku farmasi herbal, lanjutnya, ketersediaan cukup melimpah di Indonesia.

Turut serta dalam Kunjungan Kerja Komisi VI DPR RI tersebut, Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto, Mufti Anam dan Gilang Dhiela Fararez (F-PDI Perjuangan), Nusron Wahid dan Singgih Januratmoko (F-Golkar), Khilmi (F-Gerindra), Siti Mukaromah dan M. Toha (F-PKB), Amin AK (F-PKS) serta Achmad Baidhowi (F-PPP). (dpr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

KORPORASI

Mulai 14 Januari, Bio Farma Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Setahun

Published

on

Vasin Sinovac. /Instagram.com/@sinovaccoronavac.

ADIL MAKMUR – Pengiriman pertama 15 juta bulk atau bahan baku vaksin Sinovac sudah tiba di Tanah Air pada Selasa 12 Januari 2021 siang. 

Vaksin tersebut selanjutnya dibawa ke Bandung untuk diproduksi oleh Bio Farma mulai 14 Januari 2021 mendatang.

“Bahan baku akan dikirim ke Bandung dan di proses produksi Bio Farma. Proses produksi akan dimulai pada Kamis, 14 Januari 2021 dan akan mulai didistribusikan pada Februari,” ungkap Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 12 Januari 2021.

Honesti menargetkan kapasitas produksi vaksin Covid-19 dalam setahun sebanyak 250 juta dosis. Menurut dia, Bio Farma sudah mengamankan bahan baku total 140 juta dosis, 

dengan tambahan 120 juta dosis seandainya nanti masih ada kebutuhan suplai.

“Opsi tambahan ini sebanyak 120 juta sudah diamankan, mengingat kebutuhan vaksinasi yang besar untuk mencapai tujuan herd immunity,” jelasnya.

Dari keseluruhan bahan baku sebanyak 140 juta dosis, akan ada tambahan 10 persen dari Sinovac. 

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

HOKI Rencanakan Stock Split untuk Meningkatkan Likuiditas Saham

Published

on

PT Buyung Poetra Sembada Tbk (PT BPS) adalah perusahaan produksi dan distribusi beras. /Dok. PT Buyung Poetra Sembada.

ADIL MAKMUR – PT Buyung Poetra Sembada Tbk (“HOKI”), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, berencana melakukan perubahan/pemecahan nilai nominal per saham Perseroan (stock split) dengan rasio 1:4.

Perubahan nilai saham ini sedang dalam pemantauan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan akan dimintakan persetujuan dari para pemegang saham pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diadakan pada tanggal 27 Januari 2021 mendatang.

“Rencana pemecahan nilai nominal saham HOKI dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan likuiditas saham Perseroan, serta meningkatkan daya beli investor terhadap saham HOKI.”

“Diharapkan perubahan ini dapat meningkatkan akses bagi para investor ritel dengan harga saham yang lebih terjangkau dan likuiditas saham meningkat setelah eksekusi stock split.” Ujar Budiman Susilo, Direktur HOKI.

Emiten yang sedang dalam rencana diversifikasi produk consumer goods melalui anak usaha barunya, PT Hoki Distribusi Niaga, optimis melalui stock split akan dapat meningkatkan jumlah pemegang saham Perseroan.

Sebagai informasi, selain membahas dan memutuskan terkait stock split, pada RUPSLB juga akan membahas agenda pengangkatan kembali Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk periode lima tahun.

Pada RUPSLB ini, HOKI juga akan membahas dan memutuskan perubahan Anggaran Dasar lainnya.

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

Garuda Indonesia Mulai Layani Penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong

Published

on

PT Garuda Indonesia Tbk adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. /Instagram.com/@garuda.indonesia.

ADIL MAKMUR – Maskapai Nasional Garuda Indonesia, mulai tanggal 8 Desember 2020, resmi melayani rute penerbangan Makassar – Manokwari – Sorong sebanyak 2 (dua) kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Minggu dengan menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000.

“Peluncuran rute penerbangan ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Perusahaan dalam memberikan kemudahan dan ragam pilihan aksesibilitas masyarakat ke berbagai destinasi pariwisata nasional maupun kawasan ekonomi baru  ke wilayah Timur Indonesia, khususnya Manokwari sebagai ibukota Provinsi Papua Barat yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya maupun Sorong sebagai pintu masuk salah satu destinasi wisata unggulan di Papua Barat.” Ujar  Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

“Pengoperasian rute baru ini juga diharapkan mampu semakin memperluas jaringan konektivitas antar wilayah Papua sehingga dapat mendukung pergerakan perekonomian daerahyang  kedepannya diharapkan dapat mendorong upaya pemulihan ekonomi nasional”, papar Irfan. 

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan  mengungkapkan rasa terima  kasih  dan  antusiasmenya terhadap Garuda Indonesia yang telah membuka layanan  penerbangan  menuju Manokwari dari Makassar dan Sorong. 

Hal  ini  sejalan  dengan salah  satu  visi  dari  Provinsi Papua Barat  yang  ingin  mengembangkan  potensi pariwisata untuk menarik  wisatawan loKal  maupun  mancanegara. 

Dibukanya  rute ini juga memudahkan  aksesbilitas  penerbangan intra papua. 

“Upaya pengembangan jaringan penerbangan senantiasa akan kami selaraskan dengan implementasi protokol kesehatan yang kami laksanakan secara konsisten pada seluruh touch point layanan penerbangan.”

Pages: 1 2


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending