Menu

Mode Gelap
Real Madrid Menang Tipis Hadapi Liverpool, Pertandingan Berlangsung Sangat Sengit Pencuri Babak Belur Dihakimi Massa Setelah Kepergok Mencuri Ponsel di Kota Tangerang Kans Prabowo untuk Jadi Presiden 2024 Sangat Kuat, Subagyo HS: Kali Ini Harus Jadi dan Menang Prabowo Silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubowono X, Tidak Ada Pembicaraan Politik Prabowo Subianto Bertemu Habib Lutfi bin Yahya Selama 2 Jam, Ternyata Ini yang Dibahas

BISNIS · 26 Jun 2020 02:17 WIB ·

Apa Langkah Komprehensif Pemerintah Pasca Pandemi Covid-19?


 Apa Langkah Komprehensif Pemerintah Pasca Pandemi Covid-19? Perbesar

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa dalam penanganan Covid-19, pemerintah telah menyiapkan langkah komprehensif dengan memprioritaskan perlindungan terhadap hidup dan mata pencaharian masyarakat (safeguarding our lives and livelihood).

“Safeguarding our lives” menekankan kepada hal-hal seperti penyebaran virus, perluasan pemeriksaan, pelacakan pasien terjangkit virus, serta percepatan penemuan obat dan vaksin. Sementara, “safeguarding our livelihood” berfokus kepada bantuan sosial, stimulus dan likuiditas bagi dunia usaha dan sektor keuangan, pembukaan ekonomi secara bertahap, dilanjutkan dengan transformasi ekonomi.

Baca Juga:  Soal Jamur Enoki yang Tercemar Bakteri, Begini Penjelasan Kementan

“Yang perlu diperhatikan saat ini adalah memastikan realisasinya tereksekusi dengan baik,” jelas Menko Airlangga, dalam sesi interview bersama Komisi Informasi Pusat (KIP) Indonesia, di Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Dalam interview yang menjadi bagian dalam penyusunan Jurnal Keterbukaan Informasi Publik 2020: “Keterbukaan Informasi Publik dalam Kesehatan Nasional”, Menko Airlangga pun mengungkapkan beberapa tantangan dalam penanganan Covid-19.

“Antara lain dalam mengubah kebiasaan masyarakat agar tetap produktif tapi aman dari Covid-19. Meskipun pemerintah sudah menyiapkan protokol kesehatan, termasuk edukasi dan sarana, tetapi soal kedisiplinan kembali menjadi kesadaran dan tanggung jawab masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ketum Airlangga Diminta Bijak Terkait Aspirasi AMPG

Selanjutnya Menko Perekonomian menuturkan soal peran khusus Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam mengatasi pandemi ini, yaitu membangun sinergi secara intens dengan semua kementerian/lembaga (K/L) terkait, pemerintah daerah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan dunia usaha untuk merumuskan paket kebijakan.

“Tentunya, itu adalah kebijakan yang dapat segera diimplementasikan untuk mengembalikan tren pertumbuhan ekonomi nasional. Kami pun harus memberi kepastian pembukaan ekonomi secara bertahap agar kegiatan usaha kembali bergerak,” tuturnya.

Baca Juga:  Guncangan Ekonomi, Waspadai Defisit dan Jaga Kesinambungan Fiskal

Sebagai penutup, Menko Airlangga berpesan kepada masyarakat agar selalu bersatu-padu bersama pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, sehingga semua elemen masyarakat dapat kembali melaksanakan kegiatan produktif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Selain itu, kita juga harus tetap optimis, karena optimisme akan mengeluarkan banyak ide, banyak kolaborasi, dan tentunya akan menghasilkan perbaikan (di masa depan),” pungkasnya. (eko)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Siap Ekspor ke Timor Leste, Penyelundupan 8 Kontainer Minyak Goreng Digagalkan Polisi

13 Mei 2022 - 09:34 WIB

Pemerintah Dituding Tidak Adil, Pioritaskan Distribusi Minyak Goreng Bersubsidi di Ritel Modern

9 Maret 2022 - 08:58 WIB

Pedagang Pasar Legi Solo Minta Disediakan WIFI, Belanja di Pasar Bisa Pakai QRIS

21 Januari 2022 - 01:41 WIB

Pertamina Catat Peningkatan Konsumsi BBM, LPG, dan Avtur Pada Natal 2021

30 Desember 2021 - 06:28 WIB

Pertamina Catat Peningkatan Konsumsi BBM, LPG, dan Avtur Pada Natal 2021

30 Desember 2021 - 06:28 WIB

Puan Maharani Tanggapi Melambungnya Harga Sembako yang Dikeluhkan Masyarakat

29 Desember 2021 - 06:35 WIB

Trending di BISNIS