Menu

Mode Gelap
Real Madrid Menang Tipis Hadapi Liverpool, Pertandingan Berlangsung Sangat Sengit Pencuri Babak Belur Dihakimi Massa Setelah Kepergok Mencuri Ponsel di Kota Tangerang Kans Prabowo untuk Jadi Presiden 2024 Sangat Kuat, Subagyo HS: Kali Ini Harus Jadi dan Menang Prabowo Silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubowono X, Tidak Ada Pembicaraan Politik Prabowo Subianto Bertemu Habib Lutfi bin Yahya Selama 2 Jam, Ternyata Ini yang Dibahas

BREAKING NEWS · 4 Jan 2019 04:48 WIB ·

Curhat Sukirman Petani Rumput Laut pada Sandiaga Uno


 Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat berdialog dengan pak sukirman petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Perbesar

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat berdialog dengan pak sukirman petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Adilmakmur.co.id, Tarakan — Sukirman, petani rumput laut di Pantai Amal, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, mengeluhkan harga jual komoditi tersebut saat berdialog dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (4/1/2018). Menurut Sukirman, harga rumput laut jarang sekali menguntungkan petani.

“Naik paling tinggi dua ratus rupiah Pak, tapi kalau turun sampai seribu rupiah. Belum lagi alat-alat untuk budidaya rumput laut, seperti tali. Jadi harga produksi dengan harga jual kadang sangat tidak masuk,” jelas Sukirman.

BACA JUGA : Bertemu Pelaku Tambak Udang dan Kepiting, Sandiaga Uno Potensi yang Belum Tergarap Maksimal

Baca Juga:  Sepupu Rommy Turut Minta Duit ke Pejabat Kemenag agar Menang Pileg

Hal lain yang membuat para petani budidaya rumput laut berjalan di tempat, adalah belum adanya industri pengolahan untuk bahan baku yang bisa menjadi produk turunan kosmetik, pangan, tisu, saus, dan tekstil ini. Petani Rumput laut Pantai Amal, hanya menjual bahan mentah ke Surabaya atau Makasar, untuk di olah.

Menurut Sandi, ini yang membedakan pemerintahan sekarang dan nanti. Jika In Shaa Alah masyarakat Indonesia memutuskan untuk memilihnya bersama Prabowo Subiantto sebagai Presiden dan Wakil Presiden, dia memastikan akan fokus pada ekonomi rakyat.

Baca Juga:  Polri : Presiden Panggil Kapolri Hal Biasa

“Karena 99 persen jumlah usaha masyarakat Indonesia, adalah pengusaha kecil dan menengah, termasuk pelaku budidaya rumput laut ini,” terang Sandi.

Sandi berjanji akan membangun industri pengolahan rumput laut. Sehingga petani seperti Sukirman dapat mendapatkan nilai lebih. Produksi rumput lautnya bisa diserap industri, tentu dengan harga yang sesuai dengan produksi dan harga jual, sehingga bisa mensejahterakan pekerja rumput laut.

Sandi juga berjanji untuk memberikan pendampingan, pemasaran serta permodalan untuk para petani sehingga punya daya saing, tidak hanya panen, menjemur lalu dijual, tanpa ada nilai tambah.

Baca Juga:  Diawali Salat Jumat, Prabowo Ajukan Gugatan Pilpres 2019 ke MK Hari Ini

Masalah distribusi dan angkutan juga dipersoalkan Ibu Euis, perempuan asal Garut yang tinggal di Tarakan sejak tahun 1979 ini, mengeluhkan angkutan komoditas rumput laut yang sudah diolahnya menjadi sabun dan kosmetik.

“Loh bukannya sudah dijanjikan tol laut. Kan janjinya mau dibikinin Tol Laut. Sudah ada belum tol laut?”, tanya Sandi. “Belum,” teriak para oetani dan pelaku bisnis rumput laut tersebut.

“Janji itu harus di wujudkan. In Shaa Allah kami janji akan hadir dengan para perani, nelayan dan seluruh masyarakat Indonesia, untuk menggerakkan ekonomi rakyat,” janji Sandi. (fik)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Silaturahmi ke Ponpes Al Anwar Rembang, Prabowo Subianto Kenang Mbah Moen

13 Mei 2022 - 15:12 WIB

Sufmi Dasco Apresiasi Polri Soal Penangan136 Polisi Terlibat Penyalahgunaan Narkoba

13 Mei 2022 - 14:52 WIB

Polri Perpanjang Masa Penahanan Pacar, Ayah dan Adik Indra Kenz, Kasus Robot Trading Binomo

11 Mei 2022 - 09:44 WIB

Kans Prabowo untuk Jadi Presiden 2024 Sangat Kuat, Subagyo HS: Kali Ini Harus Jadi dan Menang

8 Mei 2022 - 13:48 WIB

Prabowo Silaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubowono X, Tidak Ada Pembicaraan Politik

8 Mei 2022 - 08:07 WIB

Prabowo Subianto Bertemu Habib Lutfi bin Yahya Selama 2 Jam, Ternyata Ini yang Dibahas

6 Mei 2022 - 19:02 WIB

Trending di POLITIK