Connect with us

SUMATERA

Pemerintah Berkelit soal UMKM Diserahkan ke Asing

Published

on

Pemerintah membantah bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibuka untuk pengusaha asing

Adilmakmur.co.id, Padang – Pemerintah membantah bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibuka untuk pengusaha asing terkait revisi daftar negatif investasi sebagai upaya lanjutan pelonggaran kepemilikan 54 bidang UMKM.

“Tidak benar itu, tak mungkin penanaman modal asing bisa masuk ke sektor UMKM. Sebab dalam undang-undang investasi asing masuk ke Indonesia minimal Rp 10 miliar,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika usai memberikan kuliah umum di Universitas Andalas Padang, Kamis.

Ia mengatakan daftar negatif investasi lebih kepada konteks memberikan perizinan yang tidak berbelit kepada pelaku UMKM untuk memudahkan usahanya masuk ke sektor tersebut.

“Tidak mungkin pemerintah menyulitkan UMKM, justru membantu dalam perizinan dan pengurangan pajak. Karena di lapangan pengusaha membutuhkan kemudahan ini,” katanya.

Ia mencontohkan pengupasan kulit umbi yang dikeluarkan dari daftar negatif investasi bukan untuk memberikan keleluasaan kepada asing, namun untuk mempermudah perizinan.

“Dengan dikeluarkan dari daftar negatif investasi maka dia (pengusaha UMKM) tidak perlu minta izin BKPM,” tuturnya.

Namun Ahmad Erani mengungkapkan untuk sektor tertentu memang dibuka untuk asing karena ke-54 bidang usaha tersebut bisa dibagi dalam lima kelompok, sesuai alasannya dikeluarkan dari daftar negatif investasi.?

“Misalnya tekstil sampai saat ini pengusaha domsetik tidak ada yang berminat, dengan modal awal diatas Rp100 miliar, daripada kita mengimpor lebih baik ada produksi, menyerap tenaga kerja dan ada upah yang diterima dari penanam modal asing tadi,” jelasnya.

Ia menjelaskan daftar negatif investasi ini hanya untuk mengevaluasi beberapa poin kebijakan paket tahun 2016 yang tidak memiliki progres.

“Daftar negatif investasi pada PKE XVI merupakan langkah optimalisasi terhadap relaksasi daftar negatif investasi yang sudah dilakukan dua kali, yaitu pada 2014 dan 2016,” katanya.

Ia menyebutkan relaksasi keterbukaan bidang usaha pada daftar negatif investasi 2016 dilakukan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2016.

Ia mengatakan dari 101 bidang usaha yang dibuka untuk penanaman modal asing pada tahun itu, 51 di antaranya tidak diminati sama sekali.

Relaksasi daftar negatif investasi ini akan dilakukan melalui penerbitan perpres yang ditargetkan selesai pada minggu terakhir November 2018.

Berikut 54 bidang usaha yang dihapus dari daftar negatif investasi:

1. Industri pengupasan dan pembersihan umbi umbian
2. Industri percetakan kain?
3. Industri kain rajut khususnya renda?
4. Perdagangan eceran melalui pemesanan pos dan internet?
5. Warung Internet
6. Industri kayu gergajian dengan kapasitas produksi di atas 2.000 m3/tahun
7. Industri kayu veneer
8. Industri kayu lapis
9 Industri kayu laminated veneer lumber (LVL)
10. Industri kayu industri serpih kayu (wood chip)
11. Industri pelet kayu (wood pellet)
12. Pengusahaan pariwisata alam berupa pengusahaan sarana, kegiatan, dan jasa ekowisata di dalam kawasan hutan
13. Budidaya koral/karang hias
14. Jasa konstruksi migas: platform
15. Jasa survei panas bumi
16. Jasa pemboran migas di laut
17. Jasa pemboran panas bumi
18. Jasa pengoperasian dan pemeliharaan panas bumi
19. Pembangkit listrik di atas 10 MW
20. Pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik atau pemanfaatan tenaga listrik tegangan tinggi/ekstra tinggi?
21. Industri rokok kretek
22. Industri rokok putih?
23. Industri rokok lainnya
24. Industri bubur kertas pulp
25. Industri siklamat dan sakarin
26. Industri crumb rubber
27. Jasa survei terhadap objek-objek pembiayaan atau pengawasan persediaan barang dan pergudangan
28. Jasa survei dengan atau tanpa merusak objek
29. Jasa survei kuantitas
30. Jasa survei kualitas
31. Jasa survei pengawasan atas suatu proses kegiatan sesuai standar yang berlaku atau yang disepakati?
32. Jasa survei/jajak pendapat masyarakat dan penelitian pasar
33. Persewaan mesin konstruksi dan teknik sipil dan peralatannya
34. Persewaan mesin lainnya dan peralatannya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain (pembangkit tenaga listrik, tekstil, pengolahan/pengerjaan logam/kayu, percetakan dan las listrik?
35. Galeri seni?
36. Gedung pertunjukan seni
37. Angkutan orang dengan moda darat tidak dalam trayek: angkutan pariwisata dan angkutan tujuan tertentu?
38. Angkutan moda laut luar negeri untuk penumpang
39. Jasa sistem komunikasi data
40. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi tetap
41. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi bergerak
42. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi layanan content 0(ringtone, sms premium, dsb
43. Pusat layanan informasi dan jasa nilai tambah telpon lainnya
44. Jasa akses internet 45. Jasa internet telepon untuk keperluan publik
46. Jasa interkoneki internet (NAP) dan jasa multimedia lainnya
47. Pelatihan kerja?
48. Industri farmasi obat jadi
49. Fasilitas pelayanan akupuntur
50. Pelayanan pest control atau fumigasi
51. Industri alat kesehatan: kelas B
52. Industri alat kesehatan: kelas C
53. Industri alat kesehatan: kelas D
54. Bank dan laboratorium jaringan dan sel. (pdg)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BREAKING NEWS

Sandi Tegaskan Ekonomi Itu Berbeda dengan Politik, Bukan Sekedar Pencitraan

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saa menghadiri seminar terbuka di Universitas Muhammadiyah Palembang, Jumat (17/5/2019).

Adilmakmur.co.id, Palembang – Terpuruknya neraca perdagangan dinilai Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno sebagai bentuk kurang cermatnya pemerintah dalam mengelola keuangan negara. Sebab, berbeda dengan politik yang sarat pencitraan, tata kelola ekonomi dibutuhkan perhitungan yang matang.

Hal tersebut disampaikan oleh Sandi dihadapan ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang di Aula Universitas Muhammadiyah, Jalan Jenderal Ahmad Yani 13 Ulu Seberang Ulu II, 13 Ulu, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (17/5/2019).

“Peringatan Ibu Menteri Keuangan tentang tanda tanda ekonomi Menurun harus kita cermati. Politik bisa saja diurus dengan sekedar membangun persepsi, pencitraan. Tapi mengurus ekonomi ada logika sendiri, matematis dan sangat jelas hubungan sebab akibatnya,” ungkap Sandi.

Kondisi tersebut ditunjukkan lewat sejumlah situasi, seperti tidak adanya investasi yang menyebabkan lapangan kerja serta pemasukan negara lewat pajak akan berkurang.

Kondisi serupa terjadi apabila pemerintah tidak menyusun kebijakan yang konsisten, sehingga berujung pada ketidakpastian hukum dan regulasi yang memicu sulitnya investasi masuk ke dalam negeri.

“Bila pemimpin pemerintahan tak Mampu membangun stabilitas maka pengusaha akan was-was dan menahan diri untuk berinvestasi. Bila Penerimaan negara menurun, maka belanja akan menurun dan perputaran ekonomi nasional pasti akan terpengaruh,” ungkap Sandi.

Begitu juga dengan penyelesaian masalah soal defisit neraca perdagangan yang kini terjadi. Defisit yang tercatat paling buruk sejak Indonesia merdeka itu menurutnya harus diselesaikan dari aspek mendasar, yakni kebijakan pemerintah yang berpihak kepada rakyat.

“Hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi tak mungkin diselesaikan tanpa penanganan aspek fundamental,” tegasnya. (ver)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BREAKING NEWS

Kunjungi Palembang, Sandiaga Uno Kembali Layat Pahlawan Demokrasi

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat mengunjungi rumah duka sejumlah pahlawan demokrasi yang gugur pasca Pemilu 2019.

Adilmakmur.co.id, Palembang – Tidak hanya bersilaturahmi dengan para tokoh politik dan relawan pendukung, Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno juga menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah duka sejumlah pahlawan demokrasi yang gugur pasca Pemilu 2019.

Salah satunya adalah H Slamet Riyadi (67) salah satu Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia usai hari pencoblosan, tepatnya tanggal 17 April 2019 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi yang berkunjung ke rumah duka disambut oleh istri almarhum, Siti Aisah serta kedua putri almarhum, Wiwit dan Sisca. Sang istri pun menceritakan hari-hari terakhir H Slamet Riyadi tetap bertugas sebagai Ketua KPPS TPS 31, Kelurahan 20 ilir D 1, Kecamatan Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan.

Awalnya, pria yang menjabat sebagai Ketua RT selama 30 tahun itu diungkapkan sang istri tidak mengeluhkan sakit. Namun, lantaran proses perhitungan serta rekapitulasi suara yang panjang, kondisi kesehatan almarhum menurun.

Kakek yang memiliki sebanyak lima orang anak dan tujuh cucu itu pun dilarikanke rumah sakit. Namun, perjuangan H Slamet Riyadi berakhir pada tanggal 23 April 2019 atau lima hari setelah dirawat intensif di ruang Intensif Care Unit (ICU).

“Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, kami ingin menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya bapak H Slamet Riyadi yang telah mendarmabaktikan hidupnya untuk tegaknya pilar demokrasi,” ungkap Sandi usai melayat kepada wartawan pada Jumat (17/5/2019).

H Slamet Riyadi diungkapkannya merupakan salah satu di antara ratusan orang pejuang demokrasi yang gugur pada Pemilu 2019. Dirinya pun berharap agar semangat para pahlawan demokrasi terus berkobar dan hidup di hati seluruh pihak yang tengah menyelesaikan rekapitulasi suara saat ini.

“Kematian para pahlawan demokrasi tidak boleh sia-sia, mereka harus dimuliakan lewat kejujuran dan keadilan Pemilu. Semangat mereka harus terus dilanjutkan kepada semua yang masih berjuang mengawal suara rakyat hingga hari penentuan,” ungkap Sandi.

“Terpenting dari semuanya adalah kita berdoa kepada Tuhan untuk menerima pahala dan mengampuni segala dosa almarhum dan semua pahlawan demokrasi. Kita doakan semoga semuanya Khusnul Khotimah,” tutupnya. (ver)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BREAKING NEWS

Sandiaga : Terima Kasih Masyarakat Sumbar

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat mencicipi berbagai macam varian kuliner khas Ranah Minang di Restauran Silungkang Padang, Sumatera Barat.

Adilmakmur.co.id, Padang – Calon wakil presiden nomor urut dua Sandiaga Uno hari ini, Rabu (1/5/2019) berkunjung ke sejumlah titik di Kota Padang. Sandi mengaku ia diundang oleh para relawan pasca Pemilihan Serentak April lalu untuk bersilarurahim. 

“Saya senang sekali bertemu relawan masyarakat Sumbar. Kami hasilnya baik di Sumbar. Kami ingin ucapkan makasih atas kepercayaan kepada kami,” kata Sandi usai sholat zuhur di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang.

Prediksi perolehan suara Prabowo-Sandi di Sumbar cukup tinggi. Berdasarkan hasil quick count dari lembaga survei nasional Charta Politika, Prabowo-Sandi akan meraup suara 87,63 persen di Sumbar. Sementara pasangan nomor urut satu Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya meraup 12,37 persen suara di Sumbar.

Sandi menyebut suaranya cukup unggul dibandingkan Jokowi-Ma’ruf di Sumbar karena masyarakat Ranah Minang ingin ada perubahan di Indonesia. Yaitu terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur.

Setelah solat zuhur di Masjid Raya, Sandi mencicipi berbagai macam varian kuliner khas Ranah Minang di Restauran Silungkang.

Meski rumah makan Silungkang terkenal sebagai salah satu rumah makan spesifik jengkol, namun pendamping Prabowo Subianto dalam konsestasi Pilpres 2019 itu tampak sangat menikmati hidangan yang disuguhkan.

Lahapnya Sandi menyantap hidangan khas Minangkabau yang kaya akan campuran bumbu rempah-rempah itu, sekaligus membuktikan kalau hidangan kuliner Minangkabau memang lezat. “Sealu ada rasa lain dinsetiap restoran Padang. Rasanya sungguh maknyus,” ucap eks wakil gubermur DKI ini

Soal kuliner, sebelumnya Sandiaga Uno saat mengunjungi Kota Bukittinggi juga menegaskan, andai dirinya dan Prabowo diberi amanat untuk memimpin Bangsa ini Lima tahun kedepan, maka salah satu yang akan menjadi prioritas dari program kerja yakni, memastikan banyaknya lapangan pekerjaan, mengangkat potensi ekonomi lokal dan ekonomi kreatif terutama di sektor kuliner. Karena, usaha kuliner menurut Sandi, sangat banyak dan memiliki dampak multiplayer untuk kemajuan suatu daerah. (ver)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending