Connect with us

SUMATERA

Kepri Ajukan Proyek Skala Prioritas Senilai Rp25 Triliun ke Pusat

Published

on

Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersalaman dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Lubut B Pandjaitan saat rakor di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Adilmakmur.co.id, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajukan 25 proyek skala prioritas untuk seluruh daerah di Kepri dengan total anggaran sekitar Rp25 triliun kepada pemerintah pusat. Usulan itu disampaikan langsung Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama semua bupati/wali kota se Kepri saat melakukan rapat koordinasi dengan Menko Kemaritiman dan Invetasi Luhut B Panjaitan di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

“Jika kami sendiri di lapangan tanpa bantuan pemerintah pusat pasti tak terakomodir percepatan pembangunan itu. Kami harap usulan ini diakomodir dan cepat terealisasi,” kata Isdianto.

Di antara program yang disampaikan Isdianto, antara lain pembangunan Jembatan Batam – Bintan, Waduk Busung, pembangunan Bongkar Muat di Pulau Kundur dan penetapan atas Labuh Jangkar.

Isdianto juga menyampaikan program – program usulan tujuh kabupaten/kota. Untuk Kota Tanjungpinang, diusulkan antara lain pembangunan Jalan Lingkar Kota, Jembatan Madong – Sungai Nyirih, Jembatan Pinang Marina -Tanjung Lanjut.

“Juga penataan Kawasan Kota Pusaka di Kota Tanjungpinang antara lain Kawasan Kota Lama, Kawasan Pulau Penyengat dan Kawasan Kota Rebah. Tanjungpinang juga mengusulkan revitalisasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tanjungpinang,” ujar Isdianto.

Kota Batam antara lain mengusulkan peningkatan Jalan Ruas Simpang Batubesar – Nongsa (8,5 Km), peningkatan Jalan Simpang Jam – Batu Ampar (6,6 Km), peningkatan Jalan Simpang Sei Harapan – Simpang Basecamp (8 Km), pembangunan Fly Over Simpang Kabil, peningkatan Jalan Pelabuhan Batu Ampar – Bundaran Nan Tongga – Simpang Baloi Center (5.2 Km), pembangunan Jalan Simpang Tembesi – Tanjung Berikat (7.76 km), pembangunan jalan lingkar luar (outer ringroad) Tiban – Jodoh (4 Km) dan pembangunan Jalan Tol Batu Ampar – Muka Kuning – Hang Nadim (25 Km).

“Pembangunan Pasar Induk Jodoh juga diusulkan Pemko Batam. Serta pembangunan Rusunawa (15 Twin Block),” sebutnya.

Kabupaten Bintan mengusulkan peningkatan Jalan Nasional Lintas Barat-Timur Pulau Bintan (penambahan Ruas Jalan) sepanjang 66 Km dan pembangunan Jalan Lingkar Pantai Timur (Inner Ring Road) Pulau Bintan sepanjang 40 Km. Bintan juga ingin pembangunan Pelabuhan Umum dan Angkutan Penyeberangan/Mini Ro-Ro di daerah pesisir dan pembangunan Pelabuhan Perikanan Batu Duyung Bintan.

Kabupaten Natuna mengusulkan Pembangunan Bandara Internasional Kelarik, Pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) Selat Lampa – Teluk Depih dan Pengembangan Geopark Nasional Natuna menuju UGGp (UNESCO Global Geoparks).

Kabupaten Anambas mengusulkan pembangunan Depo BBM Pertamina, pembangunan Pelabuhan Peti Kemas di Kecamatan Siantan Selatan dan pembangunan Bendungan Arung Hijau Baruk. Anambas juga mengusulkan pembangunan jalan nasional sepanjang 18 km.

Kabupaten Karimun, lanjut Isdianto, mengajukan pembangunan Pelabuhan Malarko dan peningkatan Bandar Udara Raja Haji Abdullah (Sei Bati). Karimun juga mengusulkan Jembatan Konektivitas dengan Pembangunan Jembatan Pulau Papan – Pulau Belat – Pulau Kundur.

Sementara Kabupaten Lingga mengusulkan pembangunan Bendungan Jelutung, pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat Peti Kemas di Kawasan Industri Sebayur, peningkatan Bandara Dabo (dari 1350m menjadi 2300m) dan pembangunan Kawasan Pulau Karantina Nasional.

“Pertemuan ini pada akhirnya menemukan titik terang. Kami mencari solusi seperti apa yang terbaik untuk daerah kami. Tentu kami berharap semua ini terakomodir,” tutur Isdianto.

Sementara itu, pemandu rapat yaitu Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Maritim dan Investasi, Ridwan Djamaluddin, mengaku menampung seluruh usulan yang disampaikan Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

Dia menyatakan ada beberapa program yang akan dikonsolidasikan untuk tahun 2020 dan ada yang dibahas masuk dalam pembangunan tahun berikutnya.

“Yang jelas, saat ini sedang ada pembahasan program RPJMN 2020 – 2024. Beberapa kementerian akan memasukkan sejumlah kegiatan dalam program itu,” ucap Ridwan.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan menegaskan pertemuan ini untuk membahas rencana infrastruktur dan konekvitas.

Termasuk janji – janji Presiden Joko Widodo untuk Kepri saat kampanye Pilpres kemarin.

“Kami juga akan memfasilitasi usulan pembangunan itu ke kementerian terkait. Tentu dengan melihat skala prioritas,” tegas Luhut. (gen)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SUMATERA

Legislator Siap Perjuangkan Pembangunan Infrastruktur Natuna

Published

on

Anggota Komisi V DPR RI, Ansar Ahmad. (Foto : dpr.go.id)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI  Ansar Ahmad menegaskan siap memperjuangkan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Dimana, masih banyak infrastruktur jalan di kabupaten tersebut yang perlu mendapatkan bantuan penganggaran dari Pemerintah.

Terlebih, Kabupaten Natuna termasuk ke dalam wilayah strategis nasional. Hal itu disampaikan Ansar dalam siaran persnya usai melakukan kunjungan ke Kecamatan Bunguran Barat, Natuna, Kepulauan Riau, yang turut dihadiri Wakil Bupati Natuna, Camat, TNI, Polri dan masyarakat baru-baru ini.

“Insya Allah, akan saya perjuangkan ke pusat keinginan masyarakat Natuna ini. Daerah Natuna termasuk wilayah strategis nasional. Saya yakin pusat tetap akan memperhatikan Natuna secara serius,” tandas Ansar merespon aspirasi Wakil Bupati Natuna.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Camat Bunguran Barat Tri Didit Sisworo mengatakan pihaknya sangat berharap agar Ansar memperjuangkan aspirasi masyarakat di wilayah tersebut. “Kami masyarakat terluar di negeri ini. Kami perlu perhatian agar Bunguran Barat maju dan berkembang pesat.,” ujar Didit.

Menanggapi aspirasi tersebut, Ansar yang merupakan politisi Fraksi Partai Golkar itu mengatakan dirinya juga memiliki tanggung jawab besar terhadap wilayah Bunguran Barat.  Terlebih, Ansar menyebut bahwa dirinya tidak asing lagi dengan wilayah Kecamatan Bunguran Barat.

“Saya sering ke Bunguran Barat ini. .Apalagi, daerahnya bagus dan masyarakatnya dikenal akrab dan ramah. Saya akan memperjuangkan ke pusat apalagi saya memang sudah tidak asing dengan masyarakat Bunguran Barat,” pungkas legislator dapil Kepulauan Riau itu. (dpr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SUMATERA

PUPR Tata Kawasan Saribu Rumah Gadang Sebagai Cagar Budaya

Published

on

Kawasan cagar budaya Saribu Rumah Gadang (SRG). (Foto : Instagram @kemenpupr)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pekerjaan revitalisasi Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) yang merupakan Kawasan Cagar Budaya di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Perbaikan rumah gadang yang merupakan rumah adat khas Minang tersebut merupakan tindak lanjut pencanangan oleh Presiden Joko Widodo saat Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Kota Padang pada Februari tahun 2018 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan pusaka SRG intinya adalah pemugaran rumah gadang dengan melibatkan tukang-tukang tuo yang memiliki keahlian dalam membangun serta membuat ornamen bangunan, seperti ukir-ukiran. Keahlian ini perlu terus dipelihara, sehingga kegiatan pemugaran ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi masyarakat setempat dalam memelihara tradisi dan keahlian yang unik ini.

Kementerian PUPR sendiri melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat, Ditjen Cipta Karya sudah memprogramkan revitalisasi kawasan tersebut. Dalam masterplan Kawasan SRG akan dilakukan pemugaran 33 rumah gadang, penataan lansekap kawasan, dan pembangunan Menara Songket sebagai landmark dan pembanngunan fasilitas-fasilitas untuk wisatawan.

“Kawasan SRG dengan luas 26,3 hektare memiliki aset budaya luar biasa, terdiri dari ratusan benda cagar budaya yakni Rumah Gadang, Masjid, Surau dan Makam posisinya berkelompok dimana sebagian diantaranya sudah berumur ratusan tahun,” kata Basuki Hadimuljono melalui siaran pers, Senin (3/8/2020).

Dari total rencana 33 Rumah Gadang yang akan dipugar, sejak 2019 hingga saat ini, 28 Rumah Gadang tengah dikerjakan. Pekerjaan revitalisasi ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 dengan anggaran APBN TA 2019-2020 sebesar Rp69,7 miliar.

Revitalisasi Kawasan SRG ini dimulai dari proses Identifikasi dan Inventarisasi Kerusakan Rumah Gadang hingga proses Perencanaan Rumah Gadang melibatkan tim dari Pusat Dokumentasi Arsitektur (PDA) dan Dr. Ir. Johny Wongso dan Tim dari Universitas Bung Hatta yang merupakan Arsitek Rumah Gadang, sedangkan untuk Perencanaan Penataan Kawasan melibatkan Ir. Yori Antar, IAI, dengan kontraktor pelaksana PT. Wisana Matra Karya dan konsultan perencana PT. Jakarta Konsultindo

Revitalisasi Kawasan SRG ini meliputi pemugaran rumah gadang, pembangunan menara songket, bangunan pusat informasi dan kios souvenir, panggung dan ruang terbuka hijau serta pekerjaan mechanical, electrical, and plumbing (MEP) kawasan. (inf)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SUMATERA

Potensi Destinasi Pariwisata Sumbar Dinilai Sangat Menjanjikan

Published

on

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina. (Foto: Instagram @nevizuairina)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Anggota DPR RI Nevi Zuairina menyampaikan bahwa potensi pariwisata di Provinsi Sumatera Barat hingga saat ini belum ter-eksplore dengan merata. Menurutnya, masih banyak tujuan pariwisata di Sumatera Barat yang perlu di promosikan dan dikembangkan secara profesional, karena destinasi wisata yang ada itu memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan wisata yang menarik baik bagi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing.

“Salah satu contoh lokasi tujuan wisata yang perlu dikembangkan adalah pantai Sikabau. Daerah ini sebelumnya merupakan daerah terisolir. Sekarang menjadi  destinasi pariwisata yang indah di Pasaman Barat,” tutur Nevi dalam keterangan persnya, Kamis (30/7/2020).

Nevi mengatakan, saat ini Pantai Sikabu memang sudah didatangi pengunjung, namun masih perlu dilakukan beberapa perbaikan agar layak untuk direkomendasikan. Salah satu bentuk pengembangan yang perlu dilakukan yakni peningkatan kualitas kebersihan, tata letak tanaman, penataan bangunan, dan penataan para pedagang pelaku UMKM perlu ditingkatkan lebih baik lagi.

“Alam yang sudah sangat bagus ini perlu diimbangi usaha manusia agar menjadi satu susunan tata kelola yang baik, ramah lingkungan dan ramah sosial. Ini tujuannya adalah selain memberikan hasil pendapatan daerah yang baik, lingkungan terjaga dan pemandangan yang enak dilihat,” kata politisi Fraksi PKS tersebut.

Nevi akan mendorong pengembangan destinasi pariwisata Sumatera Barat itu supaya bisa diaspirasikan kepada pemerintah pusat dan dapat dikolaborasikan dengan berbagai instansi yang terkait. Ia menyatakan, dampak ekonomi dari sektor pariwisata merupakan penyumbang pendapatan daerah yang cukup signifikan.

“Saya akan berkomunikasi pada beberapa pihak, stakeholder yang berkompeten untuk pengembangan pariwisata di Sumbar. Ini juga merupakan salah satu amanah Anggota DPR untuk menyampaikan aspirasi warga di dapilnya kepada pemerintah pusat agar ada tindak lanjut sehingga ada peningkatan kesejahteraan pada masyarakat di daerah,” tutup Nevi. (dpr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending