Adilmakmur.co.id, Kupang – Pengamat ekonomi di Kupang menilai bahwa masuknya Pulau Komodo dalam daftar kawasan wisata yang tak layak dikunjungi wisatawan pada 2020 oleh salah satu media traveling di Amerika Serikat (AS) tak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pemberitaan media daring itu tidak akan berdampak pada kunjungan wisatawan ke NTT. Kecuali ada satu gerakan besar yang ingin memboikot kawasan wisata Pulau Komodo,” kata Pengamat Ekonomi dari Universitas Kristen Kupang, NTT Fritz Fanggidae kepada Antara di Kupang, Jumat (22/11/2019).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan adanya pemberitaan yang disampaikan oleh situs tentang informasi perjalanan dan wisata asal Amerika Serikat, Fodor’s, yang menyebutkan bahwa Pulau Komodo dan Bali menjadi lokasi tujuan wisata yang tak disarankan pada 2020.

Khusus Pulau Komodo, Fodor’s Travel mengamati pulau itu sebagai destinasi dengan harga wisata yang terlalu murah, dan patut menaikkan pajak turis untuk kelestarian hewan langka Komodo.

Menurut Fritz, penilaian soal pariwisata tidak tergantung pada situs Fodor’s tersebut karena banyak wisatawan sudah lebih pintar dan bisa memilih sendiri kemana mereka akan berwisata.

Fritzpun menilai bahwa refrensi soal pariwisata itu bukanlah terhadap media yang dibaca, tetapi lebih pada informasi pribadi yang bisa diperoleh dari media sosial atau sejenisnya.

“Informasi pariwisata kita (NTT) jauh lebih baik dari informasi yang diberikan oleh media daring asal Amerika Serikat tersebut,” tutur Fritz.

Fritzpun menambahkan bahwa pemberitaan yang disampaikan situs daring dari AS tersebut juga merupakan bagian dari dinamika pasar yang harus dihadapi.

“Jadi tidak usah berpikir bahwa secara sistematis akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke daerah ini,” tambah dia.

Sementara itu pengamat ekonomi dari International Fund for Agricultural Development (IFAD), James Adam menilai bahwa langkah yang paling tepat adalah menyiapkan spot lain di dalam kawasan Taman Nasional Komodo sebagai pengganti dari pemberitaan terkait Pulau Komodo itu.

Menurut dia, jika Pulau Komodo tidak menjadi referensi maka ada kawasan wisata lain yang bisa menjadi lokasi melihat Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo itu.

Lokasi-lokasi tertentu yang disiapkan pemerintah ini, penting agar wisatawan dari berbagai latar belakang bisa berkunjung ke Taman Nasional, walaupun hanya bisa melihat alam di Labuan Bajo pada titik-titik tertentu. (kor)