Connect with us

SEKTOR RIIL

Kementerian PUPR Tingkatkan Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan

Published

on

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap membangun dan terus meningkatkan kondisi jalan paralel perbatasan di Pulau Kalimantan yang memiliki panjang hingga 1.920 kilometer.

“Pembangunan jalan perbatasan merupakan implementasi dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk membangun Indonesia dari pinggiran dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Menurut Basuki Hadimuljono, pembangunan jalan perbatasan bernilai strategis karena disamping fungsi pertahanan dan keamanan negara juga membuka daerah terisolir dan menumbuhkan ekonomi kawasan perbatasan.

Di Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Paralel Perbatasan membentang mulai dari Temajuk hingga Batas Kalimantan Timur sepanjang 827,97 Km. Pembangunan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XX Pontianak, Direktorat Jenderal Bina Marga dibantu Direktorat Zeni TNI Angkatan Darat.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, kondisi jalan saat ini sudah teraspal sepanjang 317,05 Km (38 persen), lapisan agregat sepanjang 253,29 km (31 persen), dan masih berupa perkerasan tanah 257,63 km (31 persen). Jalan paralel perbatasan memiliki lebar minimal 7 meter dan ruang milik jalan (Rumija) minimal 25 meter.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Sugiyartanto mengatakan meski jalan sudah tembus, pengaspalan diprioritaskan pada area yang sudah ada permukiman dan terdapat fasilitas umum, sedangkan penggunaan lapisan agregat digunakan pada area yang masih butuh peningkatan lalu lintas hariannya.

Diperkirakan kebutuhan anggaran untuk proses pengaspalan hingga akhir tahun 2024 sebesar Rp 4,5 triliun termasuk untuk pembangunan jembatan. “Direncanakan sampai akhir 2024 sudah teraspal semua,” ujarnya.

Dari 12 ruas/koridor yang ada, sebanyak 4 ruas sudah jalan dalam kondisi teraspal seluruhnya, yakni ruas Nanga Badau-Lanjak sepanjang 44,92 km, Lanjak-Mataso sepanjang 25,72 km, Mataso-Tanjung Kerja sepanjang 54,85 km, dan Tanjung Kerja-Putussibau sepanjang 37 km.

Pada tahun ini, ruas yang ditangani adalah Ruas 1 Temajuk-Aruk (61,93 km), di mana saat ini sudah teraspal sepanjang 12 km. Sementara sisanya masih berupa lapisan agregat sepanjang 49,93 km. Pada ruas tersebut juga dibangun sebanyak 8 jembatan dengan panjang antara 20-90 meter.

Selain itu juga dilakukan perbaikan terhadap sebanyak 64 jembatan kayu yang ada.

Untuk Ruas 2 Aruk-Bts. Kec.Siding/Seluas dari panjang 53,61 km sudah dalam kondisi beraspal sepanjang 41,6 km dan perkerasan tanah sepanjang 12,01 km.

Peningkatan kualitas dilakukan pada ruas yang masih berupa tanah termasuk peninggian badan jalan sepanjang dua km yang merupakan lokasi rawan banjir yakni berada di antara Simpang Tapang dan Simpang Take. Selain itu dilakukan perbaikan terhadap 19 jembatan kayu yang sudah lapuk dengan menggantinya dengan jembatan box culvert. (mrr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SEKTOR RIIL

Pemprov DKI Resmi Pecat Dirut Transjakarta Donny Andy Saragih

Published

on

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memecat Donny Andy Saragih dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memecat Donny Andy Saragih dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Donny diketahui baru empat hari menjabat.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Transjakarta.

Kepala Badan Pembinaan (BP) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan keputusan tersebut diambil merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pembatalan ini dilakukan karena Donny Saragih, yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah menyatakan hal yang tidak benar untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi BUMD,” katanya dari keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan PP Nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi menyebutkan beberapa syarat. Seperti, setiap calon direksi harus mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan harus terbukti “Cakap Melakukan Perbuatan Hukum” dengan membuat Surat Pernyataan Cakap Melakukan Perbuatan Hukum.

Faisal mengatakan, walaupun Donny Saragih telah mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan lolos untuk posisi direksi di BUMD Pemprov DKI Jakarta, namun pernyataan yang ditandatanganinya tidak pernah dihukum ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

“Pada Sabtu 25 Januari 2020, BP BUMD menerima laporan tentang status hukum Donny Saragih, kemudian melakukan verifikasi dan terbukti laporan tersebut benar,” katanya.

“Pada Senin pagi, 27 Januari 2020, langsung dilakukan keputusan pembatalan keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 23 Januari 2020,” ujarnya.

Keputusan tersebut diambil sebagai bagian dari pelaksanaan tugas BP BUMD sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki fungsi untuk melakukan pembinaan terhadap BUMD.

Para pemegang saham dalam RUPS memutuskan, membatalkan keputusan para pemegang saham di luar RUPS pada 23 Januari 2020, menerima pengunduran diri dan memberhentikan dengan hormat Dirut PT Transjakarta saudara Agung Wicaksono dan mengangkat saudara Yoga Adiwinarto sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Transjakarta. (new)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Presiden Minta BUMN Perluas Pasar Ekspor Produk BUMN Industri Pertahanan

Published

on

Presiden Joko Widodo membuka rapat terbatas terkait Kebijakan Pengembangan Alutsista di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 27 Januari 2020.

Adilmakmur.co.id, Surabaya– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan yang tidak kalah penting adalah perluasan pasar ekspor produk-produk BUMN klaster industri pertahanan.

“Ini juga saya lihat beberapa sudah dilakukan baik oleh PT PAL, oleh PT Pindad maupun PT DI, ini juga sebuah lompatan yang kita memerlukan pasar yang lebih besar lagi,” ujar Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Kebijakan Pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Senin (27/1/2020).

Hal lain yang diperlukan, menurut Presiden, berkaitan dengan transfer teknologi, kerja sama dengan BUMN, peningkatan kandungan dalam negeri (TKDN), kemudian pengembangan rantai produksi antar BUMN dengan UKM-UKM dengan perusahaan swasta. Adaptasi Teknologi Terkini Kepala Negara juga meminta agar pengembangan alutsista mampu menyerap dan adopsi pengembangan teknologi militer terkini yang serba digital. “Ini memerlukan lompatan tetapi saya yakin dengan BUMN kita berpartner dengan perusahaan-perusahaan luar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa akan lebih cepat jika mengadopsi perkembangan teknologi terkini dan kita betul-betul mampu mengatasi lompatan energi militer dalam jangka waktu 20, 30, 50 tahun ke depan. “Dan mampu memahami menguasai teknologi otomatisasi, teknologi sensor yang mengarah kepada penginderaan jarak jauh serta teknologi IT seperti 5G, komputasi kuantum yang mengarah kepada pengembangan senjata yang otonom serta pertahanan siber,” pungkas Presiden di akhir pengantar seraya mempersilakan Menteri BUMN dan Menteri Pertahanan untuk menyampaikan paparan.

Turut hadir dalam Ratas kali ini Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menlu Retno Marsudi, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menkominfo Jhonny G Plate, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Aziz, dan para eselon satu di lembaga kepresidenan. (new)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Februari 2020, Mahkota Group (MGRO) Operasikan Pabrik Refinery di Dumai

Published

on

Direktur Mahkota Group, Usli Sarsi.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Perusahaan perkebunan, PT Mahkota Group Tbk. (MGRO) akan memulai operasional pabrik refinery pada Februari tahun ini, seiring dengan selesainya tahap pengujian (commisioning) pabrik yang berlokasi di Dumai, Riau.

“Kami telah menyelesaikan tahap commisioning pabrik refinery dan menjadwalkan refinery berproduksi mulai pertengahan Februari 2020,” kata Presiden Direktur Mahkota Group, Usli Sarsi, di dalam keterbukaan informasi BEI Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Pabrik refiney memproduksi produk turunan CPO seperti Olein atau minyak goreng, Stearin bahan baku margarin atau Oleochemical.

Saat ini perseroan dalam tahap penyiapan bahan baku produksi. Sumber bahan baku akan berasal dari hasil CPO di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perseroan di Provinsi Riau.

“Perseroan sedang menyiapkan bahan baku sebanyak 15.000 ton CPO untuk memulai produksi,”paparnya.

Pabrik refinery memiliki kapasitas produksi sebesar 1.500 ton per hari. Pada tahap awal, perseroan menargetkan jumlah produksi dari pabrik refinery sebesar 200.000 ton pada tahun ini.

Sejalan dengan pabrik refinery yang mulai berproduksi, perseroan optimistis kinerja bakal kian positif. Pada 2020, perseroan menargetkan pendapatan sebesar Rp6,90 triliun dan laba sebesar Rp229 miliar.

Adapun, sepanjang Januari-September 2019, kinerja perseroan masih tertekan. Ini terlihat dari pendapatan yang turun 6,93% menjadi Rp1,37 triliun, sedangkan laba bersih periode berjalan turun 41,47% menjadi Rp29,69 miliar.  (emi)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending