Connect with us

SEKTOR RIIL

Bandara Jambi Optimalkan Penanganan Barang Tertinggal

Published

on

Barang hilang/tertinggal yang ditemukan personil Angkasa Pura II juga dipastikan berada di tempat penyimpanan yang aman hingga diambil kembali oleh pemiliknya.

Adilmakmur.co.id, Jambi – Manajemen Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi memaksimalkan pusat layanan penumpang untuk memberikan jaminan penanganan optimal terkait kejadian barang hilang atau tertinggal di bandara di wilayah kerja PT Angkasa Pura II (Persero).

“Bandara Sultan Thaha telah menerapkan prosedur yang ditetapkan oleh korporat. Kami sudah punya ‘customer centre’ sebagai media pelaporan apabila ada barang tertinggal di bandara Akasa Pura II lainnya, misal di Bandara Soetta Banten atau Kualanamu Medan,” kata Eksekutif General Manager Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi Muhamad Hendra Irawan di Jambi, Minggu (8/9/2019).

PT Angkasa Pura II (Persero) menerapkan prosedur penanganan barang hilang atau tertinggal (lost item) yang ditemukan di bandara untuk memberikan adanya kepastian dan kecepatan penanganan kejadian itu.

Mengutip penyataan VP of Airport Global Service Angkasa Pura II Anindita Galuh Wardhani, M Hendra Irawan mengatakan prosedur penanganan barang hilang/tertinggal itu berlaku mulai 1 September 2019.

“Kami pastikan barang hilang atau tertinggal yang ditemukan di bandara akan disimpan terlebih dahulu dalam batas waktu tertentu hingga nantinya diambil oleh pemilik barang tersebut,” katanya.

Barang hilang/tertinggal yang ditemukan personil Angkasa Pura II juga dipastikan berada di tempat penyimpanan yang aman hingga diambil kembali oleh pemiliknya.

Adapun barang hilang/tertinggal dimaksud adalah seluruh barang yang ditemukan di area gedung terminal atau sisi darat bandara, dan bukan barang yang ditahan oleh petugas bandara karena termasuk barang yang dilarang untuk dibawa terbang.

Barang hilang atau tertinggal (lost item) juga bukan termasuk bagasi penumpang pesawat yang diketahui hilang, tertukar, atau tertinggal ketika penumpang yang bersangkutan telah tiba di bandara tujuan. Layanan bagasi penumpang dengan isu seperti itu akan ditangani oleh bagian Lost and Found dari maskapai.

Adapun bagi penumpang pesawat dan pengunjung bandara yang merasa barangnya hilang atau tertinggal di bandara maka bisa melaporkan melalui situs www.angkasapura2.co.id serta Contact Center Airport 138, atau langsung menghubungi customer service Angkasa Pura II di bandara.

Penumpang pesawat tidak perlu khawatir apabila merasa barangnya tertinggal di bandara, karena terminal penumpang pesawat dilengkapi CCTV yang memantau pergerakan hampir di seluruh ruang terminal.

“Sistemnya ini baru mengakomodasi penanganan barang hilang di bandara-bandara di wilayah PT Angkasa Pura II,” kata Hendra Irawan.

Ia menyebutkan, saat ini rata-rata kasus barang tertinggal di Bandara Sultan Thaha Jambi berkisar lima kejadian setiap harinya, baik yang sengaja atau tidak sengaja tertinggal.

“Ada berkisar lima kasus barang tertinggal di Bandara Jambi setiap harinya, ada itu yang disengaja ada yang tak sengaja tertinggal,” katanya. (sah)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEKTOR RIIL

Pemprov DKI Resmi Pecat Dirut Transjakarta Donny Andy Saragih

Published

on

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memecat Donny Andy Saragih dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memecat Donny Andy Saragih dari posisinya sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Donny diketahui baru empat hari menjabat.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Transjakarta.

Kepala Badan Pembinaan (BP) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan keputusan tersebut diambil merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pembatalan ini dilakukan karena Donny Saragih, yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah menyatakan hal yang tidak benar untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi BUMD,” katanya dari keterangan tertulis di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Berdasarkan PP Nomor 54 tahun 2017 tentang BUMD dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi menyebutkan beberapa syarat. Seperti, setiap calon direksi harus mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan harus terbukti “Cakap Melakukan Perbuatan Hukum” dengan membuat Surat Pernyataan Cakap Melakukan Perbuatan Hukum.

Faisal mengatakan, walaupun Donny Saragih telah mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan lolos untuk posisi direksi di BUMD Pemprov DKI Jakarta, namun pernyataan yang ditandatanganinya tidak pernah dihukum ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

“Pada Sabtu 25 Januari 2020, BP BUMD menerima laporan tentang status hukum Donny Saragih, kemudian melakukan verifikasi dan terbukti laporan tersebut benar,” katanya.

“Pada Senin pagi, 27 Januari 2020, langsung dilakukan keputusan pembatalan keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 23 Januari 2020,” ujarnya.

Keputusan tersebut diambil sebagai bagian dari pelaksanaan tugas BP BUMD sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki fungsi untuk melakukan pembinaan terhadap BUMD.

Para pemegang saham dalam RUPS memutuskan, membatalkan keputusan para pemegang saham di luar RUPS pada 23 Januari 2020, menerima pengunduran diri dan memberhentikan dengan hormat Dirut PT Transjakarta saudara Agung Wicaksono dan mengangkat saudara Yoga Adiwinarto sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Transjakarta. (new)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Presiden Minta BUMN Perluas Pasar Ekspor Produk BUMN Industri Pertahanan

Published

on

Presiden Joko Widodo membuka rapat terbatas terkait Kebijakan Pengembangan Alutsista di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin, 27 Januari 2020.

Adilmakmur.co.id, Surabaya– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan yang tidak kalah penting adalah perluasan pasar ekspor produk-produk BUMN klaster industri pertahanan.

“Ini juga saya lihat beberapa sudah dilakukan baik oleh PT PAL, oleh PT Pindad maupun PT DI, ini juga sebuah lompatan yang kita memerlukan pasar yang lebih besar lagi,” ujar Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) Kebijakan Pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Senin (27/1/2020).

Hal lain yang diperlukan, menurut Presiden, berkaitan dengan transfer teknologi, kerja sama dengan BUMN, peningkatan kandungan dalam negeri (TKDN), kemudian pengembangan rantai produksi antar BUMN dengan UKM-UKM dengan perusahaan swasta. Adaptasi Teknologi Terkini Kepala Negara juga meminta agar pengembangan alutsista mampu menyerap dan adopsi pengembangan teknologi militer terkini yang serba digital. “Ini memerlukan lompatan tetapi saya yakin dengan BUMN kita berpartner dengan perusahaan-perusahaan luar,” tambahnya.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan bahwa akan lebih cepat jika mengadopsi perkembangan teknologi terkini dan kita betul-betul mampu mengatasi lompatan energi militer dalam jangka waktu 20, 30, 50 tahun ke depan. “Dan mampu memahami menguasai teknologi otomatisasi, teknologi sensor yang mengarah kepada penginderaan jarak jauh serta teknologi IT seperti 5G, komputasi kuantum yang mengarah kepada pengembangan senjata yang otonom serta pertahanan siber,” pungkas Presiden di akhir pengantar seraya mempersilakan Menteri BUMN dan Menteri Pertahanan untuk menyampaikan paparan.

Turut hadir dalam Ratas kali ini Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menlu Retno Marsudi, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menkominfo Jhonny G Plate, Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Aziz, dan para eselon satu di lembaga kepresidenan. (new)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Februari 2020, Mahkota Group (MGRO) Operasikan Pabrik Refinery di Dumai

Published

on

Direktur Mahkota Group, Usli Sarsi.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Perusahaan perkebunan, PT Mahkota Group Tbk. (MGRO) akan memulai operasional pabrik refinery pada Februari tahun ini, seiring dengan selesainya tahap pengujian (commisioning) pabrik yang berlokasi di Dumai, Riau.

“Kami telah menyelesaikan tahap commisioning pabrik refinery dan menjadwalkan refinery berproduksi mulai pertengahan Februari 2020,” kata Presiden Direktur Mahkota Group, Usli Sarsi, di dalam keterbukaan informasi BEI Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Pabrik refiney memproduksi produk turunan CPO seperti Olein atau minyak goreng, Stearin bahan baku margarin atau Oleochemical.

Saat ini perseroan dalam tahap penyiapan bahan baku produksi. Sumber bahan baku akan berasal dari hasil CPO di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perseroan di Provinsi Riau.

“Perseroan sedang menyiapkan bahan baku sebanyak 15.000 ton CPO untuk memulai produksi,”paparnya.

Pabrik refinery memiliki kapasitas produksi sebesar 1.500 ton per hari. Pada tahap awal, perseroan menargetkan jumlah produksi dari pabrik refinery sebesar 200.000 ton pada tahun ini.

Sejalan dengan pabrik refinery yang mulai berproduksi, perseroan optimistis kinerja bakal kian positif. Pada 2020, perseroan menargetkan pendapatan sebesar Rp6,90 triliun dan laba sebesar Rp229 miliar.

Adapun, sepanjang Januari-September 2019, kinerja perseroan masih tertekan. Ini terlihat dari pendapatan yang turun 6,93% menjadi Rp1,37 triliun, sedangkan laba bersih periode berjalan turun 41,47% menjadi Rp29,69 miliar.  (emi)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending