Connect with us

JAKARTA

Polisi Tembak Polisi, IPW : Banyak Faktor Melatarbelakangi

Published

on

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyebut cukup banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya kasus polisi menembak polisi, seperti yang terjadi di Depok, baru-baru ini.

“Kami menilai cukup banyak hal yang melatarbelakangi hingga puncaknya polisi tersebut tega menghabisi nyawa temannya dengan senjata api,” katanya, saat dihubungi Antara, di Jakarta, Jumat (26/7/2019)

Neta mengakui masih adanya sikap arogansi yang masih kental dalam budaya kepolisian Indonesia yang menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi.

Lalu, kata dia, beban kerja yang cukup berat, terutama dalam menjaga keamanan sepanjang Pemilu dan Pilpres di berbagai daerah yang kerap menjadi tekanan psikis.

Di sisi lain, Neta mengingatkan, ada persoalan akut yang melilit anggota Polri, terutama di jajaran bawah, yaitu persoalan rumah tangga akibat terbatasnya penghasilan sebagai polisi yang hidup di kota besar.

“Ini kerap menjadi tekanan tersendiri bagi anggota Polri dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan ini pula yang kerap menjadi penyebab utama mudahnya emosi polisi jajaran bawah gampang meledak menjadi beringas dan sadis,” ungkapnya.

Tak heran, ia mengatakan jika dari tahun ke tahun terus terjadi kasus polisi tembak polisi, polisi yang berulah menjadi koboi kepada masyarakat, atau polisi bunuh diri dengan pistolnya sendiri.

Persoalan lain, kata dia, adalah gaya hidup hedonis yang kerap menimbulkan konflik antar teman, selain adanya tekanan atasan yang kerap memberikan target untuk pencapaian prestasi atasan itu sendiri.

Untuk kasus terbaru yang terjadi di Depok, Neta menilai pemicunya adalah persoalan sangat sepele yang menunjukkan arogansi dan tidak terkontrolnya emosi.

Senada, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Saputra sangat prihatin terjadinya insiden yang sebenarnya dipicu persoalan yang sangat sepele.

“(Pemicunya) sangat sepele. Saya berpikir kejiwaan oknum itu tidak normal, sangat emosional,” katanya.

Sebagaimana diwartakan, terjadi penembakan terhadap Bripka RE oleh Brigadir RT di Polsek Cimanggis, Depok, Kamis (25/7) malam, karena RT merasa kesal permintaannya tak dituruti korban RE.

Perselisihan bermula dari RE yang juga anggota Samsat Polda Metro Jaya mengamankan seorang pelaku tawuran berinisial FZ, pada Kamis malam.

Kemudian datang orangtua pelaku berinisial Z bersama dengan Brigadir RT ke Polsek Cimanggis, yang meminta dengan nada keras agar FZ dibina oleh orang tuanya.

Bripka RE menolak dengan nada keras sembari menjelaskan bahwa proses sedang berjalan. Brigadir RT yang naik pitam kemudian menembak Bripka RE hingga meninggal di lokasi. (zuh)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

JAKARTA

Lieus Sungkharisma : Anies Gubernur Hebat, Perlakukan Adil Semua Pemeluk Agama

Published

on

Lieus Sungkharisma atau Li Xue Xiung, adalah seorang aktivis sosial kemasyarakatan berdarah Tionghoa-Indonesia.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Di tengah rintik hujan, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mengunjungi Vihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Tamansari, Jakarta Barat saat berlangsungnya puncak acara perayaan tahun baru Imlek 2571, Sabtu dinihari (25/1/2020). Tak hanya mengucapkan selamat tahun baru Imlek, Gong Xi Fat Cai, Anies juga berharap kegiatan Jakarta Imlekan itu dapat berlangsung dengan baik dan bisa menjadi tradisi Jakarta di tahun-tahun mendatang.

“Ini adalah tahun tikus logam. Ini membawa makna tahun di mana ada kemakmuran dan kerja keras yang membawa manfaat kesejahteraan,” kata Anies yang malam itu mengenakan kemeja batik berwarna merah menyala di tengah-tengah banyak orang.

Di tengah suasana perayaan yang diwarnai hujan rintik-rintik itu, Anies pun menyebut hujan yang turun akan mencuci masa lalu, membersihkan yang diangggap kurang, dan membawa kebaikan untuk tahun yang akan datang. Kehadiran Anies Baswedan di Vihara Dharma Bhakti Petak Sembilan itu, kontan saja mendapat banyak pujian dari kalangan masyarakat Tionghoa.

“Anies ternyata tidak diskriminatif. Ia Gubernur hebat. Dia perlakukan semua suku dan pemeluk agama yang tinggal di Jakarta dengan adil,” ujar tokoh masyarakat Tionghoa Jakarta, Lieus Sungkharisma.

Menurut Lieus, kehadiran Anies selaku gubernur DKI ke berbagai komunitas masyarakat di Jakarta bukanlah yang pertama. “Sebagai gubernur, pak Anies telah membuktikan tekadnya perihal komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan kesempatan yang sama bagi warga dalam mengekspresikan seni budaya secara terbuka,” kata Lieus.

Sebelumnya, tambah Lieus, pada Desember 2019 Anies Baswedan juga berkunjung ke Pura Segara Kemayu, Cilincing, Jakarta Utara. Pada kesempatan itu Anies bahkan memberi bantuan berupa satu unit mesin kremasi kepada warga Hindu di DKI Jakarta. Saat itu Anies menyebut, bantuan tersebut adalah bentuk komitmen Pemerintah DKI untuk memperhatikan semua umat beragama, tak terkecuali Hindu.

“Anies bahkan mengeluarkan Seruan Gubernur Nomor 6 Tahun 2019 untuk perusahaan swasta dan sekolah agar memberikan libur fakultatif bagi umat Hindu untuk memperingati Hari Raya Deepavali,” jelas Lieus.

Pada saat Natal dan Tahun Baru lalu, kata Lieus lagi, Anies Baswedan pun menghadiri perayaan Natal dan tahun baru bersama umat Kristen dan Katolik se-DKI. Acara dengan tema “Menjadi Sahabat bagi Semua Orang” itu berlangsung di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Semua itu, ujar Lieus, menunjukkan Anies Baswedan benar-benar Gubernur yang tidak pilih kasih dan diterima oleh semua golongan. “Dia tidak hanya mengutamakan warga Jakarta yang beragama Islam, tapi juga semua umat beragama yang ada di Jakarta,” kata Lieus.

Karena itu Lieus meminta pihak-pihak tertentu, apalagi yang bukan penduduk Jakarta, untuk berhenti membully Anies. “Berhentilah mengejek dan menghujat Anies dengan kata-kata yang tidak pantas. Apalagi jika ejekan dan hujatan itu tidak didasarkan pada fakta yang sebenarnya,” kata Lieus.

Sebagai warga Jakarta, tambah Lieus, ia sudah melihat dan merasakan sendiri bagaimana Anies bekerja dan memimpin Jakarta. “Saya tegaskan, Anies itu gubernur hebat. Kinerjanya sudah terbukti. Beragam penghargaan yang diterimanya dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri membuktikan kapasitas dan kapabilitasnya,” tegas Lieus. (htr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JAKARTA

Anies Tegaskan Jakarta Simpul Keragaman Agama

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Adilmakmur.co.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan pemindahan Ibu Kota tidak akan menghilangkan peranan kota Jakarta sebagai simpul Indonesia.

Anies mengatakan Sebagai kota yang heterogen, semua umat bebas merayakan hari raya agamanya di Jakarta.

“Jadi kita ingin simpulnya Indonesia yaitu di Jakarta, di mana berkumpul seluruh komponen memjadi tempat yang setara bagi semua,” kata Anies Baswedan saat memberikan sambutan dalam acara Rakerda Gerindra DKI di Grand Sahid Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (26/1/2020).

Anies mengharapkan dengan adanya reorganisasi ibu kota ke Kalimantan, maka Kota Jakarta akan bisa fokus pada pengembangan kota sebagai kota perekonomian, kota bisnis, kota wisata.

Sebagai simpulnya Indonesia, pihaknya akan terus mendorong perayaan hari raya besar keagamaan di ruang terbuka publik Jakarta. Karena ia ingin memastikan Jakarta menjadi rumah bagi semuanya. Sehingga, Kota Jakarta terasa menjadi tempat tinggal warga Jakarta yang heterogen.

“Itu yang kita bangun di kota ini. Kemarin Tahun Baru 1 Muharram, kita buat Festival Muharram. Pertama kali kita menyelenggarakan Festival Muharram. Hari ini juga dilakukan Jakarta Imlekan. Itu juga baru pertama kali dilakukan di tempat ini. Dulu takbiran dilarang. Sekarang takbiran diizinkan dan dijalankan. Akhir tahun, kita berikan kesempatan untuk Chrismast Carol bagi saudara-saudara kita yang merayakan Natal,” jelas Anies Baswedan. (xne)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JAKARTA

Gerindra Optimis Warga DKI Punya Wagub Akhir Bulan Ini

Published

on

Ketua DPD Partai Gerindra, Mohammad Taufik.

Adilmakmur Jakarta – Kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang berdebu sejak ditinggalkan Sandiaga Uno segera terisi.

Optimisme itu disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Mohammad Taufik seiring langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan berkas kandidat wagub ke DPRD DKI untuk diproses.

Taufik yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta mengurai bahwa proses itu akan diawali pembahasan Tata Tertib (Tatib). Tatib ini sudah disusun oleh panitia khusus (pansus) periode DPRD sebelumnya.

Kemudian akan dibawa ke rapat pimpinan gabungan (rapimgab) yang selanjutnya akan disahkan melalui Paripurna DPRD.

“Rapimgab InsyaAllah tanggal 27 Januari hari Senin,” ungkap Ketua DPD Gerindra DKI Taufik saat ditemui di Balairung Balaikota DKI Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Setelah Tatib disepakati, proses berikutnya, lanjut Taufik, adalah pembentukan panitia pemilih (panlih) yang mempunyai tugas melakukan pemeriksaan administratif terhadap para cawagub sebelum ditetapkan dalam paripurna.

“InsyaAllah akhir Januari sudah selesai, ada wagub baru,” pungkasnya.

Perebutan kursi nomor dua DKI Jakarta menemui babak baru setelah PKS berjiwa besar mau berbagi dengan Partai Gerindra soal pencalonan wagub.

Partai Gerindra kemudian mengusung nama Ahmad Riza Patria, sedangkan PKS mengusulkan kadernya, Nurmansjah Lubis. (kon)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending