Connect with us

KORPORASI

Pemerintah Berkelit soal UMKM Diserahkan ke Asing

Published

on

Pemerintah membantah bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibuka untuk pengusaha asing

Adilmakmur.co.id, Padang – Pemerintah membantah bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibuka untuk pengusaha asing terkait revisi daftar negatif investasi sebagai upaya lanjutan pelonggaran kepemilikan 54 bidang UMKM.

“Tidak benar itu, tak mungkin penanaman modal asing bisa masuk ke sektor UMKM. Sebab dalam undang-undang investasi asing masuk ke Indonesia minimal Rp 10 miliar,” ujar Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Ahmad Erani Yustika usai memberikan kuliah umum di Universitas Andalas Padang, Kamis.

Ia mengatakan daftar negatif investasi lebih kepada konteks memberikan perizinan yang tidak berbelit kepada pelaku UMKM untuk memudahkan usahanya masuk ke sektor tersebut.

“Tidak mungkin pemerintah menyulitkan UMKM, justru membantu dalam perizinan dan pengurangan pajak. Karena di lapangan pengusaha membutuhkan kemudahan ini,” katanya.

Ia mencontohkan pengupasan kulit umbi yang dikeluarkan dari daftar negatif investasi bukan untuk memberikan keleluasaan kepada asing, namun untuk mempermudah perizinan.

“Dengan dikeluarkan dari daftar negatif investasi maka dia (pengusaha UMKM) tidak perlu minta izin BKPM,” tuturnya.

Namun Ahmad Erani mengungkapkan untuk sektor tertentu memang dibuka untuk asing karena ke-54 bidang usaha tersebut bisa dibagi dalam lima kelompok, sesuai alasannya dikeluarkan dari daftar negatif investasi.?

“Misalnya tekstil sampai saat ini pengusaha domsetik tidak ada yang berminat, dengan modal awal diatas Rp100 miliar, daripada kita mengimpor lebih baik ada produksi, menyerap tenaga kerja dan ada upah yang diterima dari penanam modal asing tadi,” jelasnya.

Ia menjelaskan daftar negatif investasi ini hanya untuk mengevaluasi beberapa poin kebijakan paket tahun 2016 yang tidak memiliki progres.

“Daftar negatif investasi pada PKE XVI merupakan langkah optimalisasi terhadap relaksasi daftar negatif investasi yang sudah dilakukan dua kali, yaitu pada 2014 dan 2016,” katanya.

Ia menyebutkan relaksasi keterbukaan bidang usaha pada daftar negatif investasi 2016 dilakukan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2016.

Ia mengatakan dari 101 bidang usaha yang dibuka untuk penanaman modal asing pada tahun itu, 51 di antaranya tidak diminati sama sekali.

Relaksasi daftar negatif investasi ini akan dilakukan melalui penerbitan perpres yang ditargetkan selesai pada minggu terakhir November 2018.

Berikut 54 bidang usaha yang dihapus dari daftar negatif investasi:

1. Industri pengupasan dan pembersihan umbi umbian
2. Industri percetakan kain?
3. Industri kain rajut khususnya renda?
4. Perdagangan eceran melalui pemesanan pos dan internet?
5. Warung Internet
6. Industri kayu gergajian dengan kapasitas produksi di atas 2.000 m3/tahun
7. Industri kayu veneer
8. Industri kayu lapis
9 Industri kayu laminated veneer lumber (LVL)
10. Industri kayu industri serpih kayu (wood chip)
11. Industri pelet kayu (wood pellet)
12. Pengusahaan pariwisata alam berupa pengusahaan sarana, kegiatan, dan jasa ekowisata di dalam kawasan hutan
13. Budidaya koral/karang hias
14. Jasa konstruksi migas: platform
15. Jasa survei panas bumi
16. Jasa pemboran migas di laut
17. Jasa pemboran panas bumi
18. Jasa pengoperasian dan pemeliharaan panas bumi
19. Pembangkit listrik di atas 10 MW
20. Pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik atau pemanfaatan tenaga listrik tegangan tinggi/ekstra tinggi?
21. Industri rokok kretek
22. Industri rokok putih?
23. Industri rokok lainnya
24. Industri bubur kertas pulp
25. Industri siklamat dan sakarin
26. Industri crumb rubber
27. Jasa survei terhadap objek-objek pembiayaan atau pengawasan persediaan barang dan pergudangan
28. Jasa survei dengan atau tanpa merusak objek
29. Jasa survei kuantitas
30. Jasa survei kualitas
31. Jasa survei pengawasan atas suatu proses kegiatan sesuai standar yang berlaku atau yang disepakati?
32. Jasa survei/jajak pendapat masyarakat dan penelitian pasar
33. Persewaan mesin konstruksi dan teknik sipil dan peralatannya
34. Persewaan mesin lainnya dan peralatannya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain (pembangkit tenaga listrik, tekstil, pengolahan/pengerjaan logam/kayu, percetakan dan las listrik?
35. Galeri seni?
36. Gedung pertunjukan seni
37. Angkutan orang dengan moda darat tidak dalam trayek: angkutan pariwisata dan angkutan tujuan tertentu?
38. Angkutan moda laut luar negeri untuk penumpang
39. Jasa sistem komunikasi data
40. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi tetap
41. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi bergerak
42. Penyelenggaraan jaringan telekomunikasi layanan content 0(ringtone, sms premium, dsb
43. Pusat layanan informasi dan jasa nilai tambah telpon lainnya
44. Jasa akses internet 45. Jasa internet telepon untuk keperluan publik
46. Jasa interkoneki internet (NAP) dan jasa multimedia lainnya
47. Pelatihan kerja?
48. Industri farmasi obat jadi
49. Fasilitas pelayanan akupuntur
50. Pelayanan pest control atau fumigasi
51. Industri alat kesehatan: kelas B
52. Industri alat kesehatan: kelas C
53. Industri alat kesehatan: kelas D
54. Bank dan laboratorium jaringan dan sel. (pdg)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KORPORASI

Volume Penumpang KA Bandara Soetta Meningkat 93 Persen

Published

on

Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Foto : Instagram @soekarnohattaairport)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – PT Railink telah mengoperasikan secara bertahap Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada 1 Juli 2020.

“KA Bandara Soekarno-Hatta sudah beroperasi kembali secara bertahap dan berangsur-angsur mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak hari pertama beroperasi hingga saat ini,” ungkap Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Rabu (5/8/2020).

Mukti menegaskan, total volume penumpang selama Juli 2020 yaitu 18.786 orang dengan prosentase kenaikan volume penumpang pada minggu pertama operasional di Juli 2020 dibandingkan dengan 1 minggu terakhir ini adalah sebesar 93 persen.

“Peningkatan volume penumpang ini didukung dengan adanya kegiatan safe travel campaign yang dilakukan oleh seluruh stakeholder PT Angkasa Pura II, dan kami juga secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan baik bagi penumpang maupun seluruh petugas frontliner dan fasilitas KA Bandara. Hal ini yang membuat masyarakat memiliki kepercayaan dan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi KA Bandara Railink seperti yang disampaikan oleh beberapa penumpang melalui sosial media kami,” tambah Mukti.

Penerapan protokol kesehatan berupa penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, untuk mengurangi kontak fisik, antrian di stasiun dan waktu tunggu di masa pandemi Covid-19, PT Railink saat ini sedang mengembangkan SISTEM TAP N GO. Sistem tap n Go ini bertujuan untuk mempercepat flow penumpang dan mengurangi resiko penularan.

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dalam satu hari melayani 48 perjalanan dengan tujuan akhir Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya. Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang jadwal, protokol dan panduan tatanan normal baru Kereta Api Bandara Railink, masyarakat dapat melakukan scan barcode yang tersedia di meja informasi semua Stasiun KA Bandara Railink atau kunjungi bit.ly/panduanrailink.

“Kami informasikan juga bahwa selama Agustus ini kami berikan harga spesial tiket KA Bandara mulai dari Rp10.000 dan dapat dibeli di seluruh kanal penjualan tiket baik itu online maupun secara offline di masing-masing stasiun,” tutup Mukti.

Selain pelanggan dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi, website, mitra Railink maupun secara offline di mesin tiket dan meja informasi Stasiun Railink, sekarang pelanggan dapat beli tiket langsung melalui MPOS (Mobile Point Of Sales) petugas kami yang berada di terminal kedatangan 2D dan 2E Bandara Soekarno-Hatta. (inf)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

Serahkan Surat Nasabah, DPR Harap Bertemu Manajemen Bumiputera

Published

on

Anggota Komisi XI DPR RI, Anis Byarwati. (Foto: Instagram @anis.byarwati)

Adilmakmur,co.id, Jakarta – Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati menepati janjinya untuk memperjuangkan hak nasabah AJB Bumiputera yang menemuinya di Gedung DPR RI beberapa waktu lalu. Ia pun secara resmi menyerahkan surat tersebut Kepala Sub-Bagian Rapat Sekretariat Komisi XI DPR RI Semiyati, Selasa (4/8/2020). Surat tersebut berisikan permohonan perwakilan nasabah untuk dimediasi dan dipertemukan dengan Manajemen Bumiputera.

“Harapannya dapat terjalin komunikasi yang baik antar kedua pihak serta didapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi mereka. Walaupun sekarang sedang masa reses, tetapi saya secara resmi menyampaikan surat ini sebagai amanah dari perwakilan nasabah AJB Bumiputera yang menemui saya dan menyampaikan problematikanya beberapa waktu lalu,” kata Anis dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini juga menegaskan bahwa langkah yang diambilnya ini merupakan proses awal dimana setelah surat ini masuk kepada Sekretariat Komisi XI DPR RI, pihak Sekretariat akan berkomunikasi dengan pimpinan untuk menjadwalkan pertemuan dengan nasabah AJB Bumiputera.

“Semoga para nasabah segera mendapatkan haknya dengan kembalinya dana mereka. Dan semoga dalam masa sidang yang akan datang, Komisi XI bisa menjadwalkan pertemuan dengan nasabah Bumiputera,” ungkapnya penuh harap. Sebagai penutup, ia menegaskan, dengan disampaikannya surat dari perwakilan nasabah kepada Sekretariat Komisi XI, menjadi pertanda telah ditunaikannya amanah yang dititipkan kepadanya. (dpr)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KORPORASI

Horee, Kereta Priority Argo Parahyangan Kembali Beroperasi

Published

on

PT Kereta Api Pariwisata mengoperasikan kembali Kereta Priority Argo Parahyangan. (Foto : Instagram @kawisata)

Adilmakmur.co.id, Jakarta – PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) akan mengoperasikan kembali Kereta Priority Argo Parahyangan yang selama ini tidak berjalan akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19).

Kereta Priority Argo Parahyangan akan mulai beroperasi kembali besok, Minggu 2 Agustus 2020 dengan menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru.

Para Penumpang diharuskan untuk tetap mematuhi persyaratan sesuai yang diatur oleh Gugus Tugas Covid-19, yakni para penumpang diharuskan dalam kondisi sehat, tidak sedang menderita flu, baik batuk, maupun deman dengan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

Direktur Utama PT Kereta Api Pariwisata, Totok Suryono, Sabtu (1/8/2020) menjelaskan, dengan beroperasinya kembali Kereta Priority Argo Parahyangan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru diharapkan bisa memenuhi kerinduan para pelanggan setia Kereta Priority yang ingin melakukan perjalanan dengan Kereta Priority.

“Kami siap menyambut para pelanggan setia kami dengan tetap memberikan pelayanan yang terbaik, serta aman dan nyaman pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami juga melakukan beberapa penyesuaian pelayanan di atas kereta sesuai dengan protokol yang dianjurkan oleh pemerintah,” ujar Totok Suryono.

Bagi setiap penumpang KA yang ingin melakukan perjalanan wajib menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di atas KA dan memakai Face Shield yang akan disediakan oleh petugas Kereta Priority Argo Parahyangan saat akan naik ke atas KA, serta mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak saat berada di stasiun dan diatas KA serta mencuci tangan.

Para penumpang dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai pelindung diri, mengurangi kegiatan berbicara saat berada di dalam KA untuk menghindari penyebaran virus melalui droplet.

Adapun jadwal perjalanan Kereta Priority Argo Parahyangan sebagai berikut:
1. Bandung- Gambir :
a. KA 47A Berangkat Bandung Pukul : 18.20 Wib, Tiba di Gambir Pukul : 21.15 Wib dengan tangal perjalanan: 2,9,17,23 dan 30 Agustus 2020.
b. KA 37A Berangkat Bandung Pukul : 05.25 Wib, Tiba di Gambir Pukul : 08.20 Wib dengan tanggal perjalanan : 3-31 Agustus 2020.

2. Gambir – Bandung :
a. KA 46A Berangkat Gambir Pukul : 18.10 Wib, Tiba di Bandung Pukul : 21.05 Wib dengan tangal perjalanan : 3,7,14,21,28 Agustus 2020.
b. KA 48A Berangkat Gambir Pukul: 18.48 Wib, Tiba di Bandung Pukul : 21.43 Wib dengan tanggal perjalanan : 3-31 Agustus 2020.

Untuk Pemesanan tiket dan cek ketersediaan tempat duduk di setiap perjalanannya bisa melalui aplikasi KAI Access.

Humas PT KA Pariwisata, Ilud Siregar mengajak para pelanggan setia Kereta Priority yang memiliki rencana bepergian ke Bandung di akhir pekan ini, sudah bisa memesan tiketnya melalui aplikasi KAI Access dengan harga tiket Rp300.000 per penumpang.

Selain itu, pelanggan setia juga tidak perlu khawatir sulit mencari layanan Rapid Test karena saat ini KAI bekerjasama dengan Rajawali Nusindo, grup usaha Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp85.000 yang tersedia di Stasiun Gambir, Stasiun Bandung dan beberapa stasiun lainnya. (inf)


Media Adilmakmur.co.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksiadilmakmur@gmail.com, dan redaksi@adilmakmur.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending